Pasar Murah Ringankan Perekonomian

SEMBAKO: Warga saat menunggu giliran di Gerakan Pasar Murah di Alun-alun Sumedang, baru-baru ini.
SEMBAKO: Warga saat menunggu giliran di Gerakan Pasar Murah di Alun-alun Sumedang, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangeskpres, KOTA – Gerakan Pasar Murah dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam rangka mengendalikan harga bahan pokok menjelang Ramadan 1445 Hijriah. Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun Sumedang, baru-baru ini.

Acara bermula dari  naiknya harga kebutuhan pokok di  masyarakat.

“Gerakan Pasar Murah ini sebagai sebuah ikhtiar Pemda Sumedang, kerjasama dari hulu sampai hilir dengan beberapa produsen, suplier sampai pengecer untuk membantu masyarakat sekaligus menstabilkan harga kebutuhan pokok,” ujar Pj Bupati Herman Suryatman di lokasi kegiatan.

Baca Juga:Bangun Sinergi Bersama Stakeholder, PLN UP3 Sumedang Sosialisasikan Bayar Listrik Tepat WaktuPLN UP3 Sumedang Giatkan GKONS Dalam Rangka Sambut Ramadhan

Herman menjelaskan, jenis kebutuhan pokok yang ada di kegiatan tersebut bukan hanya beras, tetapi juga cabai dan sayur mayur, gula, telur, minyak dan kebutuhan pokok lainnya.

“Ada juga telur dan sayur mayur, termasuk cabai merah. Di pasar, cabai merah  sempat tembus Rp 120 ribu perkilo sekarang sudah mulai turun menjadi Rp 80 ribu. Di pasar murah ini kita jual Rp 40 ribu  Artinya cabai merah biasa tidak boleh lebih dari Rp 60 ribu,” ungkapnya.

Kaitan dengan harga beras, termasuk beras Bulog, menurutnya, dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

“Untuk beras Darmaraja dan Jatinunggal kita jual dengan harga Rp 15 ribu perkilonya. Adapun beras Bulog kita jual dengan harga Rp 10 ribu saja per kilogramnya,” ujarnya.

Dia berharap, mudah-mudahan kegiatan dapat meringankan warga menjelang bulan ramadan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sajidin menyampaikan, dalam Gerakab Pangan Murah ini pihaknya menyediakan pasokan beras yang cukup memadai untuk kebutuhan pokok warga.

“Kami menyediakan 10 ton beras SPHP, 9 ton beras medium dan 3 ton beras premium,” kata Sajidin.

Dia menyampaikan, Gerakan Pangan Murah ini tidak hanya dilaksanakan hari itu saja, tetapi akan kembali dilaksanakan di beberapa titik sesuai dengan situasi dan kondisi.

Baca Juga:Jalan Rusak Berat, Truk Terpeleset dan Masuk JurangRumah Ambruk Akibat Tanah Bergeser

“Kita akan laksanakan di delapan titik. Tentunya sesuai situasi dan kondisi jika terdapat peningkatan harga yang tidak normal di pasaran. Mudah mudahan Gerakan Pangan Murah ini bisa mencukupi kebutuhan warga masyarakat,” pungkasnya. (red)

0 Komentar