Bagi Anda Dengan Golongan Penyakit Ini Tidak Boleh Asal Minum Kopi!

Bagi Anda Dengan Golongan Penyakit Ini Tidak Boleh Asal Minum Kopi!
Bagi Anda Dengan Golongan Penyakit Ini Tidak Boleh Asal Minum Kopi! (sumber: pexels)
0 Komentar

sumedangekspres – Saat ini kopi menjadi salah satu minuman popular yang banyak digemari oleh beberapa kalangan, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya kedai kopi yang tersebar di berbagai daerah di seluruh dunia.

Dengan manfaatnya yang baik bagi tubuh, mulai dari bisa meningkatkan energi, menurunkan berat badan, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun selain dengan khasiatnya, adapun asupan kopi ternyata bisa mengakibatkan efek negatif, misalnya bisa memicu rasa gelisah atau mendorong buang air besar.

Baca Juga:Tips Berpuasa Ditengah Cuaca Panas, Yuk Simak!Kiat Dalam Memilih Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Sehat dan Bikin Kenyang!

Bagi beberapa orang ternyata dengan konsumsi kopi bisa mempengaruhi kesehatan. Maka dari itu bagi beberapa kelompok atau golongan disarankan untuk menghindari asupan kopi diantaranya:

1. Orang dengan Glaukoma

Glaukoma sebutan bagi sekelompok orang yang memiliki gangguan atau masalah mata yang merusak saraf optik.

Menurut beberapa ahli asupan kafein dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan risiko glaukoma pada mereka yang mempunyai masalah peningkatan tekanan mata.

2. Pengidap GERD

Pengidap GERD juga jadi salah satu orang yang tidak boleh minum kopi.

Kafein dapat melonggarkan katup esofagus bagian bawah yang dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Ibu Hamil dan Menyusui

Kafein memiliki sifat stimulant dan diuretik yang dikhawatirkan dapat membuat ibu menyusui mengalami dehidrasi, sehingga di sarankan untuk menghindari asupan kafein sebanyak mungkin.

4. Pengidap Gangguan Cemas

Anda yang mengalami gangguan cemas dan panik disarankan untuk menghindari asupan kopi.

Baca Juga:Penggunaan Pengeras Suara Masjid, Menag: Kebutuhan Bagi Umat IslamMengatur Konsumsi Buah Saat Buka Puasa: Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar kafein yang tinggi memicu serangan panik pada orang-orang dengan gangguan cemas.

5. Orang yang Mengidap IBS

IBS merupakan sindrom Iritasi Usus Besar (IBS). Adapun beberapa ahli gizi kafein dapat meningkatkan keinginan buang air besar pada pengidap IBS.

 

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai golongan penyakit yang tidak boleh asal minum kopi.***

0 Komentar