Norwegia Menjadi Negara Paling Lama Berbuka Puasa Bisa Sampai 23 Jam, Berikut Penjelasannya

Norwegia Menjadi Negara Paling Lama Berbuka Puasa Bisa Sampai 23 Jam, Berikut Penjelasannya
Norwegia Menjadi Negara Paling Lama Berbuka Puasa Bisa Sampai 23 Jam, Berikut Penjelasannya (Sumber:Pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Waktu Berbuka puasa memang memiliki durasi yang berbeda di setiap negara, salah satunya ada negara Norwegia yang memiliki waktu berbuka puasa bisa sampai 23 jam.

Hal tersebut memanglah normal dikarenakan matahari terbit dan tenggelam pada waktu yang berbeda di setiap negara.

Lalu apakah ada negara dengan waktu berbuka puasa tercepat? Tentu saja ada salah satunya Christchurch, Selandia Baru selama 12 jam.

Baca Juga:Resep Lemon Cake Panggang Lembut dan Segar Cocok Dinikmati Bersama KopiResep Onde-Onde Isi Kacang Hijau Kopong Enak, Renyah, dan Lembut

Lalu mengapa di negara Norwegia sampai hampir 23 jam untuk berbuka puasa? Mari kita simak bersama.

Longyearbyen di Norwegia ini merupakan wilayah yang dikenal dengan “mataharinya tidak pernah tenggelam”, inilah yang menyebakan wilayah tersebut menjadi negara dengan waktu buka puasa terlama.

Hal tersebut dikarenakan fenomena alam dimana saat Matahari masih terlihat, sedangkan seharusnya pada waktu setempat telah menunjukkan waktu malam hari.

Maka dari itu Longyearbyen mengalami midnight sun yang merupakan peristiwa alam dimana matahari masih terlihat sepanjang siang hingga waktu memasuki malan hari.

Menurut sumber selain Longyearbyen ada juga kota Oslo yang juga berada di Norwegia yang mengalami waktu hingga 20 jam dari sahur hingga berbuka puasa tiba.

Terdapat penjelasan lain mengenai peristiwa midnight sun ini yang mana dikarenakan kemiringan sumbu Bumi yang cukup besar dan menyebabkan matahari terbenam pada jangka waktu tertentu pada wilayah tersebut.

Pada periode tertentu matahari tidak terbenam dan akan menghasilkan siang hari selama 24 jam, namun tentunya ini tergantung pada seberapa dekat kamu dengan kutub.

Baca Juga:Berikan Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pada Pertamina Appreciation NightPeringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan Bantuan Sembako di Bali

Bagi yang belum tahu bahwa tempat yang dekat dengan kutub matahari tidak terbenam selama setengah tahun pada musim panas.

Begitu pula matahari akan tenggalam selama setengah tahun pada waktu musim dingin. 

Selain fenomena midnight tersebut ada juga kebalikannya yaitu “Polar Night” yang merupakan fenomena dimana pada wilayah tersebut tidak adanya sinar matahari di sepanjang waktu.

Namun fenomena ini akan hanya terjadi di lingkar kutub, ya betul hanya di lingkar kutub saja hal tersebut terjadi karena daerah selain itu masih mendapatkan sinar matahari.

Nah sekarang kita mengetahui bahwa ternyata umat muslim di belahan bumi tertentu sangat luar biasa untuk menjalankan ibadah puasa selama hampir 23 jam.

0 Komentar