TNI Targetkan Satu Hektare Satu Desa

KOMODITAS PENTING: Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu (Han) saat menyampaikan sambutan,
KOMODITAS PENTING: Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu (Han) saat menyampaikan sambutan, dalam kegiatan Panen Jagung Hibrida di Dusun Cisongkar Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA –  Jajaran Kodim 0610 Sumedang melaksanakan kegiatan Panen Jagung Hibrida, yang merupakan program pembinaan ketahanan pangan Kodim 0610 Sumedang  tahun 2024. Kegiatan tersebut bertempat di lahan kritis milik Kodim 0610 Sumedang, tepatnya di Dusun Cisongkar Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, baru-baru ini. 

 Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu mengatakan, Ketahanan Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia. 

“Sebab pangan, kata Dandim, merupakan kebutuhan dasar manusia, yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama. Sebagai mana yang diamanatkan oleh undang-undang Nomor 18 tahun 2018 tentang pangan dalam undang-undang,” katanya. 

Baca Juga:Perlu Rambu Lalin, Jalan Kabupaten Rawan KecelakaanWaspada Bencana, Cuaca Sulit Diprediksi

Sebab itu, sambung Dandim, pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan pengendalian dan pengawasan, terkait pangan. 

Sementar, masyarakat menyelenggarakan proses produksi, penyediaan, perdagangan, distribusi serta berperan juga sebagai konsumen.

“Konsumen  berhak memperoleh pangan yang cukup dalam jumlah dan mutu yang aman dan merata serta terjangkau oleh daya beli mereka,” terangnya. 

Salah satu tugas TNI Angkatan Darat, tutur Dandim, melaksanakan pemberdayaan sumber daya alam dan sumber daya buatan, yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional, menjadi kekuatan pertahanan negara.

“Ketahanan pangan wilayah, dapat disiapkan melalui salah satu program yang dilaksanakan,” sebutnya. 

Antara lain, program pembinaan ketahanan pangan, untuk mendorong adanya perubahan di bidang pertanian, yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. 

“Tentunya dengan memanfaatkan sumber daya alam dan buatan secara efisien dan berkelanjutan,” kata Dandim. 

Baca Juga:Polisi Datangi Kawasan IndustriSMK Informatika Mengisi Ramadan dengan PII

Dalam penyelenggaraan pendukung program pemerintah pusat atau pemerintah daerah, dalam meningkatkan program ketahanan pangan secara nasional, sambung Dandim,  KASAD memerintahkan ke seluruh jajaran TNI AD, termasuk di dalamnya Kodim 0610  Sumedang, untuk melaksanakan program ketahanan pangan dengan luas 200 Hektare persatuan.

“Guna Menindaklanjuti perintah dari satuan atas, Kodim 0610 Sumedang khususnya melaksanakan program pembinaan ketahanan pangan di seluruh wilayah dengan target satu hektare satu desa, termasuk yang  dipanen sekarang ini,” pungkasnya. (red)

0 Komentar