Tips Agar Kabel Charger Handphone Awet Bertahun-tahun

Tips Agar Kabel Charger Handphone Awet Bertahun-tahun
Tips Agar Kabel Charger Handphone Awet Bertahun-tahun (sumber: ilustrasi/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Handphone atau smartphone sepertinya hampir dimiliki setiap orang saat ini.

Baik di kota, desa, atau bahkan pedalaman, handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari sebagai alat komunikasi utama.

Namun, satu hal yang pasti, handphone tidak akan dapat berfungsi tanpa daya, dan untuk itu, charger menjadi piranti yang sangat vital untuk aktivitas pengisian ulang daya baterai pada perangkat tersebut.

Baca Juga:Bisa Jadi Pilihan, Ini Dia Tren Warna Outfit Lebaran 2024Rahasia Membuat Telur Bacem yang Lezat di Rumah, Yuk Simak Tipsnya!

Charger, yang biasanya dilengkapi dengan kabel yang dapat dilepas pasang, bertanggung jawab untuk mentransmisikan arus listrik keluaran charger ke baterai handphone.

Namun, seringkali karena kebiasaan buruk saat penggunaan, kabel charger yang biasanya memiliki ujung konektor USB bisa mengalami kerusakan hingga putus

Untuk mencegah kabel charger Anda dari kerusakan dan memastikan keawetannya selama bertahun-tahun, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Lepaskan charger jika sudah selesai dipakai

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah meninggalkan charger terhubung ke handphone meskipun baterai sudah terisi penuh.

Ini dapat menyebabkan panas berlebih dan akhirnya merusak kabel charger. Jadi, pastikan untuk selalu melepaskan charger setelah pengisian selesai.

2. Hindari menggulung charger dan menekuk tajam

Seringkali kita tergoda untuk menggulung kabel charger dengan rapat agar lebih rapi. Namun, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kabel charger, terutama bagian ujungnya.

Sebaiknya, lilitkan kabel dengan longgar dan hindari menekuknya secara tajam.

3. Jangan menyimpan charger di tas yang penuh

Menyimpan charger di dalam tas yang penuh dengan barang-barang lain dapat menyebabkan kabel charger terjepit, melintir, atau tertekuk secara tidak sengaja.

Baca Juga:Tips Hemat Gas, Rahasia Memasak Daging Sapi Empuk Tanpa PrestoTips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Mudik Lebaran

Usahakan untuk menyimpan charger di tempat yang aman dan tidak terlalu penuh.

4. Berikan pelindung tambahan dan klip

Untuk melindungi ujung kabel charger dari tekanan dan gesekan yang berlebihan, Anda dapat menggunakan pelindung kabel tambahan atau klip kabel.

Ini akan membantu memperpanjang umur kabel charger Anda dengan mengurangi risiko kerusakan.

5. Hindari menggunakan handphone saat charging

Menggunakan handphone saat masih dalam proses pengisian juga dapat menyebabkan kabel charger menjadi tertarik dan tertekuk dengan tidak sengaja.

0 Komentar