Baznas Turun Langsung Sosialisasikan ZIS

BERIKAN KETERANGAN: Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang, H Ayi Subhan Hafas kepada sej
BERIKAN KETERANGAN: Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang, H Ayi Subhan Hafas kepada sejumlah awak media di Mini Command Center Kecamatan Ganeas, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Baznas Sumedang akan berkeliling ke setiap kecamatan untuk mensosialisasikan penghimpunan zakat infak dan shodaqoh (ZIS). Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengoptimalkan penghimpunan zakat fitrah pada Ramadan 1445 Hijiriah.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang, H Ayi Subhan Hafas kepada sejumlah awak media di Mini Command Center Kecamatan Ganeas, Selasa (19/3).

 

Selagi masih ada waktu untuk melakukan penghimpunan zakat fitrah lanjut dia, pihaknya mencoba melakukan ikhtiar dengan cara turun langsung ke lapangan melakukan sosialisasi.

 

Baca Juga:Tol Cisumdawu Longsor, Pembatas Ditutupi TerpalGagal Nyalip, Pemotor Hantam Mobil

“Besaran zakat fitrah tahun sekarang Rp 40 Ribu per jiwa. Kemudian kita menyerahkan kupon zakat fitrah, kupon infaq Rp 2.000 dan SK UPZ Desa, juga menjelaskan mulai dari sosialisasi, penghimpunan di masyarakat hingga pencatatan dan pelaporan,” kata Ayi.

 

Dikatakan, adapun pihaknya bersama Tim turun langsung ke lapangan untuk memastikan kegiatan penghimpunan zakat fitrah. Mengingat pada kesempatan itu, Ketua UPZ Kecamatan, KUA, perwakilan UPTD Pertanian Kecamatan Ganeas, para Kepala Desa dan UPZ Desa se-Kecamatan Ganeas.

 

“Karena ketika zakat fitrah naik, maka penghimpunan dana umat akan lebih banyak proses sosialisasi, penghimpunan di masyarakat, pencatatan dan pelaporan, strategi apa yang perlu dilakukan supaya gerakannya bisa efektif. Target kita tercapai atau tidak tahun sekarang Rp 28 miliar untuk zakat fitrah,” jelasnya. 

 

Diharapkan, dengan turun langsung ke lapangan, bisa efektif dan meningkatkan penghimpunan zakat fitrah di Kabupaten Sumedang. Karena, UPZ perlu waktu merekap pelaporannya.

 

“Insya Allah sebelum salat idulfitri sudah bisa mengetahui, apakah target kita tercapai atau tidak. Kita berharap bahwa target ini bisa tercapai yang kemudian dengan pencapaian target tersebut, bisa memberikan kemanfaatan terutama dalam pengentasan kemiskinan,” ujarnya. (bim)

 

 

 

0 Komentar