Bukan Hanya Untuk Bumbu, Ternyata Kencur Memiliki 7 Khasiat untuk Kesehatan

Bukan Hanya Untuk Bumbu, Ternyata Kencur Memiliki 7 Khasiat untuk KesehatanBukan Hanya Untuk Bumbu, Ternyata K
Bukan Hanya Untuk Bumbu, Ternyata Kencur Memiliki 7 Khasiat untuk Kesehatan(freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Bukan Hanya Untuk Bumbu, Ternyata Kencur Memiliki 7 Khasiat untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu kencur?, kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan untuk bumbu atau bahan makanan yang memiliki aroma yang khas.

Selain untuk bumbu makanan ternyata kencur juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga:Cincau Hijau Minuman  Sehat dan Segar dengan berbagai Macam Manfaat untuk KesehatanKhasiat Jeruk Limau Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Kencur, atau Kaempferia galanga, adalah tanaman obat yang populer dalam pengobatan tradisional di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. 

Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad karena khasiatnya yang beragam dalam meningkatkan kesehatan. 

Dan untuk kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kencur untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan.

1. Antiinflamasi dan Analgesik

Kencur dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang kuat. Ekstrak kencur telah digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan, baik yang terkait dengan gangguan sendi seperti arthritis maupun masalah pencernaan seperti gastritis. 

Senyawa aktif dalam kencur telah terbukti mengurangi produksi zat-zat pro-inflamasi dalam tubuh, membantu meredakan gejala yang berkaitan dengan peradangan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kencur mengandung senyawa-senyawa seperti flavonoid dan polifenol yang dikenal memiliki efek meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Konsumsi kencur secara teratur dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit dengan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, seperti limfosit dan makrofag.

3. Meningkatkan Pencernaan

Baca Juga:6 Khasiat Tanaman Herbal Sambiloto untuk Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Metal

Kencur telah lama digunakan sebagai tonik pencernaan. Senyawa-senyawa dalam kencur dapat merangsang produksi asam lambung dan enzim pencernaan, yang dapat membantu dalam pencernaan makanan. 

Kencur juga memiliki sifat antispasmodik yang dapat meredakan kram perut dan masalah pencernaan lainnya.

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Senyawa aktif dalam kencur telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. 

Selain itu, kencur juga dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

5. Efek Antioksidan

Kencur kaya akan senyawa antioksidan seperti gingerol dan kaempferol yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

0 Komentar