Astronom Arab Membahas Dampak Gerhana Matahari Total Menuju Lebaran

Astronom Arab Membahas Dampak Gerhana Matahari Total Menuju Lebaran
Astronom Arab Membahas Dampak Gerhana Matahari Total Menuju Lebaran(kjpargeter)
0 Komentar

sumedangekspres – Astronom Arab Membahas Dampak Gerhana Matahari Total Menuju Lebaran, Gerhana Matahari Total yang terjadi menjelang lebaran pada 8 April 2024 ternyata tak hanya menyuguhkan pemandangan langit yang memukau, namun juga memiliki dampak yang cukup signifikan terutama bagi penentuan awal bulan Syawal.

Menurut Ketua Asosiasi Astronomi Uni Emirat Arab (UEA), Al Jarwan, fenomena langka ini memberikan pengaruh terhadap penampakan bulan sabit Syawal yang menjadi penanda akhir bulan Ramadan.

Gerhana Matahari Total Menuju Lebaran

Al Jarwan menjelaskan bahwa pengamatan bulan sabit akan menjadi sulit dilakukan saat Gerhana Matahari Total tengah berlangsung. Hal ini menyebabkan bulan sabit yang menandakan awal bulan Syawal baru akan terlihat pada hari berikutnya, yakni pada 9 April 2024, seperti yang dilansir oleh Gulf News.

Baca Juga:Resep Baguette Pedas: Kreasi Camilan Pedas nan LezatResep Sambal Tempe Kemangi Pedas: Cita Rasa Gurih dan Pedas yang Menggugah Selera

Tradisi penentuan awal bulan Syawal sangat penting dalam agama Islam karena menandai berakhirnya bulan Ramadan dan dimulainya perayaan lebaran.

Dengan terlambatnya penampakan bulan sabit pada 9 April, Asosiasi Astronomi UEA memperkirakan bahwa hari lebaran kemungkinan besar akan jatuh pada tanggal 10 April 2024.

Namun, dampak dari Gerhana Matahari Total tidak hanya terasa dalam urusan kalender keagamaan. Fenomena langit ini juga berpotensi memengaruhi berbagai aktivitas sehari-hari di Bumi, termasuk lonjakan trafik internet dan masalah pada sinyal ponsel.

Ketika Gerhana Matahari Total terjadi, banyak orang cenderung mencari informasi terkait fenomena langit ini melalui mesin pencari seperti Google. Fenomena sebelumnya telah mencatat lonjakan jumlah pencarian terkait dengan dampak melihat langsung Matahari saat gerhana terjadi.

Oleh karena itu, diprediksi bahwa pada Gerhana Matahari Total kali ini, aktivitas pencarian di internet juga akan meningkat signifikan.

Selain itu, masalah juga dapat terjadi pada sinyal ponsel akibat dari banyaknya aktivitas penggunaan ponsel yang berlebihan selama fenomena tersebut berlangsung.

Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi operator telekomunikasi untuk menjaga agar jaringan tetap stabil.

Baca Juga:Resep Edamame Pedas Gurih: Camilan Sederhana yang Menggugah Selera Gurih-GurihPerbandingan Kompor Tanam Gas dan Kompor Tanam Listrik, Mana Yang Lebih Bagus?

Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024 dapat disaksikan di beberapa lokasi di dunia, mulai dari Meksiko, Amerika Serikat, Amerika Utara, hingga Kanada.

Menurut Xavier Jubier, seorang pakar gerhana asal Perancis, jalur Gerhana Matahari Total akan membentang sepanjang 162-200 kilometer dari Samudera Pasifik hingga menuju ke Atlantik.

0 Komentar