Sukajaya Realisasikan DD Tahap I pada Infrastruktur

OPTIMIS: Kepala Desa Sukajaya, Sukana SM., saat memberikan sambutan dan arahan kepada para Kader Posyandu, pad
OPTIMIS: Kepala Desa Sukajaya, Sukana SM., saat memberikan sambutan dan arahan kepada para Kader Posyandu, pada acara kegiatan Pembagian Intensif Kader Posyandu di Aula Kantor Desa Sukajaya kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan alokasikan Dana Desa tahap I tahun 2024, pada dua bidang program pembangunan. Pertama program pembangunan pemberdayaan, kedua program pembangunan Infrastruktur.

“Untuk program pemberdayaan ada tujuh program di antaranya, pelatihan linmas, insentif guru ngaji 46 orang, insrntif guru paud 12 orang, insentif kader posyandu 65 orang, kegiatan TP PKK,” ujar Kepala Desa (Kades) Sukajaya, Sukana SM., di sela- sela kegiatan pembagian Insentif Para Kader Posyandu yang bertempat di Aula Kantor Desa Sukajaya. kemarin.

Kemudian, lanjut Kades, diberikan juga pada tunjangan penghasilan aparatur perangkat desa (TPAPD) dan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa( LPPD).

Baca Juga:Tarlingkur Ajang Silaturahmi dengan WargaSiswi MTs Hilang Dua Pekan, Berawal Kenalan dengan Laki-laki di Medsos

“Sementara untuk program pembangunan infrastruktur dialokasikan pertama pada pembangunan Jembatan berlokasi di Dusun Kubang RW 08, dengan lebar 1.5 meter panjang 3.5 meter. Kedua Hotmix jalan Gang Babakan Regol RW 01, dengan lebar 1.5 meter panjang 300 meter, yang ketiga pembuatan Kanopi Posyandu di RW 02,” katanya.

Kades juga mengatakan, dengan adanya realisasi beberapa pembangunan yang dilaksanakan, baik untuk program pembangunan Infrastruktur (Fisik) ataupun program pembangunan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) semuanya merupakan wujud pencapaian ekspektasi dari masyarakat.

“Seperti pembangunan hotmik Jalan Gang Babakan Regol yang memang merupakan usulan harapan masyarakat, untuk memperlancar mobilitas aktivitas masyarakat, yang kedua pembangunan jembatan di Dusun Kubang yang merupakan usulan masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk  mempermudah akses aktivitas warga ke lahan pertanian,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk mendukung kelancaran mobilitas warga di RW 08 Dusun Kubang.

“Sehingga memang kedua bidang pembangunan tersebut sangatlah di butuhkan dan ini merupakan upaya Pemerintahan Desa Sukajaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga Desa Sukajaya,” ucapnya.

Kades berharap, dengan semua pembangunan tersebut baik pembangunan pemberdayaan SDM dan pembangunan fisik, bisa meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat Desa Sukajaya.

“Jadi yang jelas muaranya dengan dilaksanakan semua kegiatan pembangunan itu, sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dalam meningkatkan derajat kesejahteraan warga Desa Sukajaya,” tutup Kades.  (ahm)

0 Komentar