Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Dalam Dinamika Media Sosial yang Kompleks

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Dalam Dinamika Media Sosial yang Kompleks, PR Officer tak Harus Me
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Dalam Dinamika Media Sosial yang Kompleks, PR Officer tak Harus Melakukan Prinsip “Menyenangkan Semua Orang”
0 Komentar

“Dahulu PR hanya berhadapan dengan media mainstream, tapi sekarang banyak media sosial yang dinamikanya sangat tinggi. Meski demikian, berapa pun besar tantangan, praktisi PR harus tetap mempertahankan nilai-nilai, seperti kejujuran dan berkarakter,” ucap penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim tersebut.

Paling penting lanjut Dr Aqua Dwipayana adalah memperkuat internal, tak perlu khawatir pada netizen. Justru itu menjadi masukan. Sekecil apapun yang dikomentari, jangan diabaikan dan harus diambil sebagai masukan.

Dalam paparannya pria yang menempuh studi S1, S2, hingga S3, linier di bidang Komunikasi, kemampuan penting yang harus dimiliki 

Baca Juga:Nikmatnya Jus Alpukat: Minuman Segar untuk Berbuka PuasaCara Membuat Jus Pisang, Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa

“Komunikasi intens, akrab, dan berkesinambungan harus dilakukan dengan internal dan eksternal, terutama ke media. PR harus paham apa yang dibutuhkan media. Saat saya menjadi PR, di luar jam kerja, saya datang ke kantor dan ke rumah mereka untuk menjalin hubungan intens dan kekeluargaan,” demikian dipaparkan Dr Aqua Dwipayana.

Dalam menghadapi media, praktisi PR harus memahami apa yang dibutuhkan media dan harus paham juga jam kerja mereka. Seorang PR Officer jangan membiasakan memberi uang, tapi pahami yang dibutuhkan media. Dengan memahami media dan menjalin hubungan yang intens dan kekeluargaan, PR akan terbantu saat menghadapi krisis. Karena, kalaupun ada pemberitaan menyangkut perusahaan di kala krisis terjadi, beritanya tidak vulgar.

Paling utama lagi adalah praktisi PR harus mencintai pekerjaannya, sehingga dengan begitu, ia bisa totalitas dalam bekerja. Karena, seorang PR yang bagus terlihat ketika ia mampu menangani krisis. Selain itu, nilai-nilai lain yang harus dimiliki seorang PR menurut Aqua Dwipayana adalah praktisi PR harus rendah hati dan mau belajar. “Setiap orang adalah guru dan setiap tempat sebagai kelas,” pesan motivator kawakan ini yang telah memotivasi jutaan orang baik di Indonesia maupun puluhan negara.

Sementara itu, dosen pengampu mata kuliah, Dr  Elva Ronaning Roem berterima kasih kepada Dr Aqua Dwipayana karena bersedia membagi ilmu tentang PR dan Ilmu Komunikasi. Ia berharap mahasiswa yang hadir di kelas itu bisa mengambil ilmu dan manfaat sebesar-besarnya dengan kehadiran Dr Aqua Dwipayana meski melalui aplikasi zoom atau kuliah daring.

0 Komentar