Resep Spesial Kue Mangkok Ubi Ungu untuk Lebaran yang Lezat dan Bergizi

Resep Spesial Kue Mangkok Ubi Ungu untuk Lebaran yang Lezat dan Bergizi
Resep Spesial Kue Mangkok Ubi Ungu untuk Lebaran yang Lezat dan Bergizi(tangkapan layar Fb : Sajian Sedap)
0 Komentar

sumedangekspres – Resep Spesial Kue Mangkok Ubi Ungu untuk Lebaran yang Lezat dan Bergizi

Menjelang hari raya Idul fitri atau lebaran, salah satu hal menarik di momen hari spesial lebaran adalah membuat berbagai menu makanan yang lezat salah satunya yaitu kue lebaran. 

Salah satu kue lebaran yang populer adalah kue mangkok. Namun, kali ini, kita akan memberikan resep kue mangkok dengan menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. 

Baca Juga:5 Resep Mudah Makanan dari Ubi Jalar untuk Variasi Menu Sehat5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Penyakit Kronis

Ubi ungu tidak hanya memberikan warna yang cantik, tetapi juga kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan. 

Berikut adalah resep spesial untuk kue mangkok ubi ungu yang pasti akan menjadi hidangan favorit di momen lebaran anda bersama keluarga.

Bahan-Bahan:

  •  250 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  •  2 butir telur
  •  200 ml santan kental
  •  1/2 sdt baking powder
  •  1/4 sdt garam
  •  1/2 sdt vanila bubuk
  •  50 ml minyak sayur untuk melumuri cetakan
  •  Keju parut (opsional, untuk taburan)

Cara membuat :

1. Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, garam, dan vanila bubuk. Aduk rata.

2. Masukkan ubi ungu yang sudah dihaluskan, telur, dan santan kental ke dalam campuran bahan kering. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk adonan yang kental dan halus.

3. Lumuri cetakan kue mangkok dengan sedikit minyak sayur untuk mencegah adonan menempel. Pastikan setiap cetakan dilumuri dengan merata.

4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue mangkok hingga setengah penuh. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dipanggang.

Baca Juga:Herman Suryatman Resmi Dilantik Jadi Sekretaris Daerah Jawa baratPesan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Kepada Sekda Jabar Terpilih Herman Suryatman

5. Panaskan oven pada suhu 180°C. Panggang kue mangkok dalam oven yang sudah dipanaskan selama 20-25 menit atau hingga permukaannya keemasan dan matang.

6. Setelah matang, angkat kue mangkok dari oven dan biarkan sedikit dingin sebelum dikeluarkan dari cetakan. Jika Anda menyukai rasa gurih, taburkan sedikit keju parut di atasnya.

7. Kue mangkok ubi ungu siap disajikan! Nikmati kue ini sebagai hidangan penutup yang lezat bersama keluarga dan tamu di hari Lebaran.

0 Komentar