Sukagalih Fokus pada Infrastruktur

BEBERKAN: Sekretaris Desa Sukagalih, Herdiana Rachmawan saat memberikan keterangan terkait alokasi DD tahap 1
BEBERKAN: Sekretaris Desa Sukagalih, Herdiana Rachmawan saat memberikan keterangan terkait alokasi DD tahap 1 Tahun 2024 di desanya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Pemerintah Desa Sukagalih, Kecamatan Sumedang Selatan merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 1 Tahun 2024. Dana tersebut dialokasikan pada tiga kegiatan fisik pembangunan.

“Pertama kegiatan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) dan saluran irigasi di Dusun Nangkod RW 05 dengan volume irigasi panjang 100 meter, lebar 1 meter, tinggi 80 cm. Kegiatan ini masuk kepada program kegiatan ketahanan pangan untuk mengairi persawahan di wilayah setempat,” kata Kepala Desa Sukagalih, Onih Noer Rosidah melalui Sekretaris Desa Sukagalih, Herdiana Rachmawan kepada Sumeks, baru baru ini.  Yang kedua lanjut Herdiana, kegiatan pembangunan Hotmix  jalan gang lingkungan  RW 01 dengan volume lebar 1 meter panjang 700 meter lebih. Kemudian, ketiga pembangunan Hotmix jalan gang lingkungan RW 04 dengan volume lebar 1 meter panjang 700 meter lebih.

“Di samping kegiatan pembangunan fisik anggaran DD tahap 1 ini ada yang realisasikan juga pada kegiatan pemberdayaan, seperti musyawarah atau (LPPD) tahun 2023 telah dilaksanakan. BLT DD  sampai bulan April telah dilaksanakan, serta pembagian insentif bagi guru ngaji, guru Paud, Kader PKK dsn linmas sampai bulan Maret 2024 sudah dilaksanakan,” ucap Herdi.

Baca Juga:Jatimulya Prioritaskan Pelayanan dan Ketahanan PanganPolisi Musnahkan Ribuan Botol Miras, Jelang Lebaran

Herdi berharap dengan adanya alokasi anggaran Dana Desa yang dialokasikan pada  bidang pembangunan, bisa menyerap tenaga kerja warga asli Desa Sukagalih.

“Jadi pelaksaanan pembangunanya dilakukan secara sewa kelola, dengan memberdayakan warga yang memang biasa bekerja di bidang tukang fisik pembangunan yang asli warga Desa Sukagalih. Sehingga warga bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan pembangunan tersebut,” pungkas Herdi. (ahm)

0 Komentar