Waspada! Alasan Penting untuk Mencuci Baju Baru Sebelum Digunakan

Waspada! Alasan Penting untuk Mencuci Baju Baru Sebelum Digunakan
Waspada! Alasan Penting untuk Mencuci Baju Baru Sebelum Digunakan (sumber: capture/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Tradisi membeli dan mengenakan baju baru saat Hari Raya Idul Fitri telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan umat Muslim di seluruh dunia.

Namun, dalam kegembiraan akan penampilan baru ini, seringkali kita melupakan langkah penting: mencuci baju baru sebelum digunakan.

Tindakan sederhana ini sebenarnya memiliki keuntungan besar yang sering terabaikan.

Mari kita bahas tiga alasan penting mengapa mencuci baju baru sebelum digunakan pada momen istimewa seperti Idul Fitri.

1. Bakteri, Jamur, dan Serangga

Baca Juga:Inspirasi Mix and Match, Tren Fashion OOTD Celana Cargo Perempuan HijabRahasia Membuat Ketupat Anti-Lembek dan Kenyal untuk Lebaran Idulfitri 2024, Perhatikan 3 Hal Ini

Membeli baju baru dari toko atau pusat perbelanjaan bukanlah jaminan bahwa pakaian tersebut steril dari kuman.

Seiring dengan proses pengemasan, penyimpanan, dan penanganan di toko, pakaian baru dapat terkontaminasi oleh berbagai bakteri, jamur, atau bahkan serangga yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Pakaian yang belum dicuci bisa menjadi sarang bagi mikroorganisme yang berpotensi menyebabkan iritasi kulit atau infeksi pada tubuh kita.

Mencuci baju baru sebelum mengenakannya adalah langkah sederhana namun penting untuk memastikan kebersihan dan kesehatan kita.

2. Iritan Kimia

Banyak pabrik pakaian menggunakan bahan kimia dalam proses produksi, seperti pewarna, perekat, atau bahan pengawet.

Residu dari bahan kimia ini mungkin masih menempel pada pakaian baru saat Anda membelinya.

Kulit kita dapat sensitif terhadap bahan kimia tersebut, dan penggunaan langsung tanpa mencuci terlebih dahulu dapat menyebabkan reaksi iritasi atau bahkan alergi.

Baca Juga:Hari Ini, Pemeriksaan Sandra Dewi Terkait dengan Kasus KorupsiMengungkap Rahasia 'Personal Color Test' untuk Menunjang Penampilan Anda

Dengan mencuci pakaian baru, Anda dapat menghilangkan residu bahan kimia yang tidak diinginkan dan memastikan kenyamanan saat mengenakannya.

3. Perpindahan Warna

Warna pakaian baru seringkali belum sepenuhnya terikat pada serat kain.

Ketika pakaian digunakan tanpa dicuci terlebih dahulu, ada risiko perpindahan warna atau yang sering disebut dengan luntur. 

Lunturnya warna baju yang dapat merusak penampilan pakaian, terutama jika pakaian baru memiliki warna yang intens atau gelap.

Mencuci pakaian baru secara terpisah sebelum penggunaan dapat mencegah perpindahan warna atau luntur yang tidak diinginkan ke pakaian lain atau ke kulit kita sendiri.***

 

0 Komentar