Mekarjaya Prioritaskan Destinasi Wisata

ANGGARKAN: Kepala Desa Mekarjaya, Dr Awandi Nopyan S MPd., saat memberikan keterangan penerapan Dana Desa Taha
ANGGARKAN: Kepala Desa Mekarjaya, Dr Awandi Nopyan S MPd., saat memberikan keterangan penerapan Dana Desa Tahap 1 tahun 2024 di desanya kepada Sumeks, baru- baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres,  KOTA – Realisasi dana desa (DD) tahap 1 tahun 2024 di Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara dialokasikan pada peningkatan destinasi wisata dan pemberdayaan.

“Alokasi pada peningkatan destinasi wisata pertama pembuatan embung atau kolam penampungan air hujan, untuk menyimpan air sebagai stok pada musim kemarau yang berlokasi di wisata Benteng Batarai,” ucap Kepala Desa (Kades) Mekarjaya, Dr Awandi Nopyan S MPd., kepada Sumeks, baru- baru ini

Kedua lanjut Kades, pengadaan jamban atau toilet sebagai penunjang agro wisata, ketiga pengadaan bibit tanaman untuk agro wisata dan terakhir pemeliharaan gapura.

Baca Juga:Jasad Bayi Membusuk Dalam Kantong Plastik4 Buruh PT Kahatex Dilarikan ke RSKK, Diduga Keracunan Gas Beracun Saat Membersihkan IPAL

Untuk bidang pemberdayaan seperti pembuatan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa  (LPPD) Tahun 2023, Bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD) sampai bulan April.

“Kemudian pembagian insentif bagi guru ngaji, guru Paud, Kader PKK, Linmas sampai bulan Maret 2024,” ucap Kades.

Kades berharap, dengan adanya alokasi anggaran dana desa yang diprioritaskan pada  bidang pembangunan destinasi wisata, kedepanya bisa menyerap tenaga kerja   warga asli Desa Mekarjaya.

“Jadi semua dana yang terlokasikan dapat terealisasi dengan optimal dan hasilnya maksimal, sesuai dengan anggaran yang ada dan bisa bermanfaat untuk peningkatan peningkatan kondisi kesejahteraan masyarakat yang ada. Walaupun tidak serta-merta bisa dinikmati untuk hari ini seperti penerim intesif dan BLT, tapi bisa dirasakan dimasa depan, sebagai investasi desa di masa depan untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes),” tutup Kades.      (ahm)

 

0 Komentar