Diduga Kelelahan, Pendaki Alami Cedera

ISTIMEWA EVAKUASI: Petugas Gabungan melakukan evakuasi pendaki Gunung Tampomas yang mengalami kelelahan dan ce
ISTIMEWA EVAKUASI: Petugas Gabungan melakukan evakuasi pendaki Gunung Tampomas yang mengalami kelelahan dan cedera di Pos 1 Jalur Pendakian Pendakian Cibeureum Kecamatan Cimalaka, akhir pekan kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMALAKA – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sumedang mengevakuasi seorang pendaki Gunung Tampomas yang mengalami cedera dan kelelahan, akhir pekan kemarin, sekitar pukul 22.00.  

Evakuasi dilakukan di Pos 1 Jalur Pendakian Cibeureum Kecamatan Cimalaka bersama unsur PMI, Tagana, Relawan Basecamp Tampomas beserta masyarakat.

Kalak BPBD Sumedang Atang Sutarno membenarkan adanya pendaki yang mengalami cedera dan kelelahan di Pos 1 Jalur Pendakian Cibeureum.

Baca Juga:Nikah Muda Alami PenurunanPj Bupati Baru Hadiah HJS ke-446, Ingatkan Pentingnya Intergrasi

“Pendaki tersebut Siti Nurhasanah, warga Cigembong RT 001 RW 003 Desa Cikondang Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang,” jelas Atang kepada Sumeks, Minggu (21/4).

Dikatakan, pendaki berhasil di evakuasi oleh Timsar Gabungan dari Pos 1 menuju ke Basecamp Tampomas langsung di tangani oleh PMI. 

“Pendaki juga diantarkan ke kediamannya,” katanya.

Atang menjelaskan, kejadian berawal saat pendaki melaksanakan kegiatan pendakian ke Gunung Tampomas bersama teman-temanya, Sabtu (20/4). Setelah arah menuju turun pendakian, pendaki di Pos 4 mengalami kelelahan hingga Pos 3.

“Lalu beberapa temannya lapor ke pihak basecamp untuk meminta pertolongan. Dan, Tim Pusdalops BPBD Sumedang menerima laporan dari Tagana sumedang bahwa ada pendaki yang mengalami kelelahan dan membutuhkan blangkar,” jelasnya.

Disebutkan, Tim Pusdalops bersama PMI dan Tagana meluncur langsung ke lokasi dan melaksanakan evakuasi bersama Tim Relawan Dari Basecamp Tampomas.

“Alhamdulillah, BPBD Kabupaten Sumedang bersama PMI, Tagana dan Relawan Base Camp Tampomas mengevakuasi survivor yang kelelahan,” jelasnya. 

Dikatakan, BPBD Kabupaten Sumedang mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati dengan cuaca musim penghujan saat ini.

Baca Juga:Duet Dony-Rossa Butuh Ikhtiar EkstraPolisi Tindak Tegas Knalpot Brong

“Apabila terdapat kejadian serupa ataupun bencana lainnya dapat menghubungi nomor pelayanan BPBD Kabupaten Sumedang,” jelasnya. (bim)

0 Komentar