Aki Lengser Bertugas Sebagai Penasehat atau Pendamping Raja

Aki Lengser
Aki Lengser
0 Komentar

sumedangekspres, Warga Suku Sunda sudah tidak faimiliar lagi dengan Aki lengser. Pasalnya Aki lengser sering dipentaskan dalam prosesi rangkaian Upacara Adat Sunda mapag pengantin. 

 

Namun, sejarah Aki Lengser tersebut ternyata menyimpan keunikan. Aki Lengser pada mulanya bertugas sebagai penasehat atau pendamping Raja pada masanya, kedudukan Aki Lengser sangat tinggi dan berada di atas patih di bawah Raja.

 

Melihat kedudukanya yang sangat penting, mengambarkan sosok Aki lemgser tersbut merupakan seseorang panutan dan sangat syarat akan ilmu dan pengalaman. Sehingga sosoknya sangat disegani dan dibanggakan serat menjadi contoh bagi semua kalangan.

 

Baca Juga:Aki Lengser Kesenian yang Tidak TergeserSelain Menghubur J-Rocks Kampanyekan Program Gempur Rokok Ilegal

Namun, Dengan seiring berjalannya Waktu atau jaman Modern ini sangat berbeda, namun peranan Aki Lengser jaman dahulu dan jaman sekarang tidak berbeda yaitu peranan sebagai pendamping. Pada jaman dahulu Aki Lengser sebagai pendamping Raja, tetapi jaman sekarang Aki Lengser diperankan sebagai pendamping Pengantin Sunda.

 

Meskipun begitu, kedudukan Aki Lengser juga memberikan gambaran atau petuah yang baik kepada penonton mengenai pernikahan.

 

Demikian tadi sejarah Aki Lengser, smeoga bermanfaat. (red)

 

0 Komentar