Gelar Halal Bihalal, KOMPAKDESI Ingin Berpartisipasi Majukan Sumedang 

ATEP BIMO MAJUKAN: Jajaran Pengurus dan inisiator DPC KOMPAKDESI Kabupaten Sumedang saat menggelar halal bihal
ATEP BIMO MAJUKAN: Jajaran Pengurus dan inisiator DPC KOMPAKDESI Kabupaten Sumedang saat menggelar halal bihalal, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, BUAHDUA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Komunitas Purna Bhakti Kepala Desa Seluruh Indonesia (KOMPAKDESI) Kabupaten Sumedang menggelar acara ‘Membangun Tali Silaturahmi dan Pemberdayaan Purna Bhakti Kepala Desa’ di Wisata Cigirang Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan tersebut bertema ‘Ngahiji, Ngajadi, Ngabukti, Menebar Bhakti Demi Meraih Kemakmuran’.

Sebanyak kurang lebih 50 mantan kepala desa hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka terdiri dari inisiator, pengurus dan dua orang perwakilan dari setiap kecamatan.

Baca Juga:Hasil Bumi Dipasarkan ke Berbagai DaerahTembakau Jadi Potensi yang Menjanjikan

Ketua DPC KOMPAKDESI  Kabupaten Sumedang Ropendi mengatakan tujuan utama KOMPAKDESI yaitu membangun Tali silaturahmi sesama dan Pemberdayaan Purna Bhakti Kepala Desa. Kegiatan Halal Bihalal dan Temu Kangen ini juga  menampung  aspirasi dari rekan-rekan purna bhakti serta sosialisasi program-program, terutama dalam kontek pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Diantaranya KOMPAKDESI telah mempunyai usaha berbadan hukum yaitu Koperasi Komaladelsi yang mengembangkan UMKM, Jasa dan produksi.

Disamping itu, kata dia, para mantan kades juga semua bertujuan ingin ikut membantu terhadap program program pemerintah dalam pembangunan Kabupaten Sumedang.

“Jadi, intinya tidak mau ketinggalan. Walaupun kami ini sudah purna Bhakti, tetapi semangat untuk membangun itu masih tinggi. Terutama, di Kabupaten Sumedang,” kata Ropendi di sela-sela kegiatan.

Oleh karena itu, lanjut dia, diharapkan Pemerintah Kabupaten Sumedang jangan sampai melupakan atau meninggalkan mantan kepala desa yang pada saat itu pernah ikut berjuang dalam pembangunan desa. “Saat ini, Alhamdulillah hasil pembangunan kami di desa-desa ini bisa dilanjutkan oleh para kades baru,” tegasnya. 

Selain itu, menurut Ropendi, Kompakdesi Sumedang mempunyai tujuan yang sangat baik adalah ingin mensukseskan segala apa yang diprogramkan oleh pemerintah Kabupaten Sumedang. Ingin membantu, sampai dimana suksesnya Sumedang. Dan, untuk memajukan supaya Sumedang betul-betul menjadi Kabupaten yang Sugih. 

“Kompakdesi Sumedang sendiri berdiri tanggal 7 Mei 2023. Kini, keanggotaannya Kabupaten Sumedang mencapai 513 orang,” paparnya. 

Ropendi berharap dalam menghadapi Pilkada 2024 di Kabupaten Sumedang, masyarakat tetap kondusif. KOMPAKDESI tetap ingin membantu mensukseskan terbentuknya Bupati Baru yang lebih baik, supaya kabupaten Sumedang lebih maju. 

0 Komentar