Polres Sumedang Berikan Pengamanan dan Pengawalan Keberangkatan Masa Aksi Buruh

Aksi buruh Kabupaten Sumedang yang tergabung dalam berbagai organisasi
Aksi buruh Kabupaten Sumedang yang tergabung dalam berbagai organisasi
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Polres sumedang berikan pengamanan dan pengawalan keberangkatan masa aksi buruh dalam rangka peringatan hari buruh nsional (May Day) Tahun 2024.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan situasi kamtimbs yang aman dan kondusif.

Melalui postingan akun istagram @polressumedang, terlihat beberapa anggota Polres sedang berjaga dan mengantarkan para peserta aksi buruh yang hendak berangkat.

Diketahui, 

Baca Juga:Manfaat di Balik Daun KelorUnpad Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

Aksi buruh Kabupaten Sumedang yang tergabung dalam berbagai organisasi menggelar demonstrasi di depan Istana Negara Jakarta. Para buruh tersebut menuntut pembatalan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja (Omnibuslaw), pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan, serta menolak kebijakan yang dinilai tidak menguntungkan bagi buruh.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dan dihadiri oleh ratusan buruh yang berasal dari berbagai perusahaan di Kabupaten Sumedang yang nantinya bergabung dengan ribuan buruh lainya di Jakarta.

Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SPSI) PT Kahatex Jayadi Prasetya S.Mn menyatakan bahwa aksi tersebut mengangkat dua isu utama.

“Tuntutanya yakni pembatalan Omnibuslaw UU Cipta Kerja dan penolakan terhadap praktik outsourcing serta upah murah,”ucapnya.

Sebelum berangkat menuju Jakarta, para buruh berkumpul di Rest Area Ampera Duta Family Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Sumedang untuk mempersiapkan diri. 

“Total, sebanyak 110 orang buruh menggunakan dua unit kendaraan bis pariwisata untuk melakukan perjalanan menuju Jakarta,”tambahnya.

Rute perjalanan dimulai dari Rest Area Ampera Duta Family Ds. Sindangpakuon Kec. Cimanggung Kab. Sumedang, melalui Jalan Raya Rancaekek, Gerbang Tol Cileunyi, menuju Jakarta.

Baca Juga:Hardiknas, Pj Bupati Sumedang Targetkan Peserta Didik Cerdas dan BerkarakterUnik, Peserta Upacara Hardiknas 2024 Gunakan Pakaian Adat

Sementara itu Kapolsek Cimanggung, Kompol Karyaman mengatakan aksi tersebut merupakan instruksi dari Pimpinan usat organisasi buruh dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2024.

Para buruh yang mengikuti aksi tersebut berasal dari berbagai sektor industri, termasuk tekstil, manufaktur, dan pertanian. Mereka menyuarakan ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan hak-hak pekerja.

“Rencana aksi keberangkatan mereka ke Jakarta tetap kami kawal. Sedangkan titik kumpul sebelum berangkat yakni di Rest Area Ampera Duta Family,”terang Kapolsek.

0 Komentar