Pemdes Mekarjaya Sumedang Utara Salurkan  BLT DD Pada 20 KPM

BERBINCANG: Kepala Desa Mekarjaya Awandi Nopyan S M. Pd., saat memberikan keterangan terkait penyaluran BLT DD
BERBINCANG: Kepala Desa Mekarjaya Awandi Nopyan S M. Pd., saat memberikan keterangan terkait penyaluran BLT DD tahun 2024 kepada warganya, baru-baru ini, Foto : Ahmad Sofa/Sumeks.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA- Pemerintah Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara melaksanakan penyaluran  Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) Tahun 2024. Hal tersebut merujuk pada aturan pemerintah pusat terkait penanganan miskin ekstrim.

Jadi untuk BLT DD sekarang tidak ekslusif   sebagai program Pemerintahan Desa Mekarjaya, tapi bagian dari suatu keharusan dari Pemerintah pusat yang tidak ditentukan persentase dan target kuotanya dalam hal ini disesuaikan dengan kondisi yang ada dan kemampuan. Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara, Dr Awandi Noyan S MPd. Kepada Sumeks baru- baru ini.

Lebih jauh Kades menjelaskan, untuk Desa Mekarjaya penyaluran BLT DD sudah dilaksanakan sejak tanggal (2/4) lalu kepada 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan kriteria miskin ekstrim yang sudah tidak berdaya.

Baca Juga:53 Warga Situ Mendapat Bantuan StimulanSambangi PAN, Partai Golkar Mengajak Solid Menangkan Pilkada

” Seperti lansia dan yang sakit menahun, di mana warga tersebut aktivitasnya sudah kurang dan terbatas, dan sesuai Undang – undang itu merupakan kewajiban Pemerintah Desa dan Negara untuk membantu dan melinduginya,” ujar Kades.

Kades berharap Desa Mekarjaya lepas dari kemiskinan. Tetapi untuk melepaskan kemiskinan itu tidak bisa serta merta, tapi perlu ada tahapan-tahapan, ungkapnya. Kades mengimbau  kepada KPM yang menerima BLT DD untuk di pakai pada keperluan pokok .

” Khususnya dibelanjakan pada hal-hal yang benar-benar dibutuhkan, untuk mempertahankan kondisi hidup, kesehatan bukan untuk hal yang macam- macam ,” tutup Kades.  (ahm)

0 Komentar