Tujuh Keris Peninggalan Para Petinggi Kerajaan Sumedang Larang

Keris peninggalan para petinggi kerajaan sumedang larang
Keris yang disimpan di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Tujuh Keris Peninggalan Para Petinggi Kerajaan Sumedang Larang

Di Museum Prabu Geusan Ulun, Kabupaten Sumedang, tersimpan tujuh senjata pusaka berupa pedang, golok, dan keris yang merupakan peninggalan Kerajaan Sumedang Larang. 

Meskipun usianya telah mencapai ratusan tahun, benda-benda tersebut tetap terawat dengan baik. Ukiran-ukiran yang menghiasi senjata-senjata itu tampak begitu estetis.

Sebagai contoh, motif ukiran naga pada sebilah keris terlihat sangat rumit dan rapi, melingkari bagian permukaannya dengan indah.

Baca Juga:Sejarah pembuatan Gamelan Sari Oneng Parakan Salak yang Kini Sudah Tidak Disimpan Dimuseum Prabu Geusan UlunSekilas sosok Rangga Gempol I Anak dari Prabu Geusan Ulun

Begitu pula dengan golok, yang berbeda dari golok biasa, bahan besinya tampak sedikit berwarna keabu-abuan. Motif acak sisa penempaan pada golok tersebut terlihat begitu indah dan alami, sementara gagangnya dibentuk menyerupai kepala harimau.

Pedang Ki Mastak yang dimiliki oleh pendiri kerajaan, Prabu Tadjimalela, dan keris Ki Dukun yang dimiliki oleh putranya, Prabu Gajah Agung. 

Ki Mastak merupakan pemberian dari Arab, sehingga memiliki bentuk khas Timur Tengah, sementara Ki Dukun diperoleh dari hasil pertapaan Prabu Gajah Agung

Keris lainnya ialah keris peninggalan prabu geusan ulun yang di namai keris Panunggul Naga, 4 keris peninggalan para prajuritnya, dan keris peninggalan pangeran kornel.

0 Komentar