Ratusan Siswa SMPN 3 Sumedang Ikuti PSAJ

BERBINCANG: Kepala Sekolah SMPN 3 Sumedang, Drs Mulyawan MM., saat memberikan penjelasan terkait pelaksanaan P
BERBINCANG: Kepala Sekolah SMPN 3 Sumedang, Drs Mulyawan MM., saat memberikan penjelasan terkait pelaksanaan PSAJ tahun ajaran 2023 - 2024 di sekolahnya.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – SMPN 3 Sumedang  menggelar Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) tahun ajaran 2023- 2024 yang dilaksanakan serentak dari hari Senin (6/5).  PSAJ diikuti 296 siswa kelas 9 yang terbagi dalam 15 ruangan dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), dalam pelaksanaanya para siswa memakai HP android.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 3 Sumedang, Drs Mulyawan MM., kepada Sumeks kemarin.

” Untuk pengaturanya para siswa diberi no seri token dimana mereka tidak bisa keluar seperti untuk searching dulu untuk mencari jawaban di google, dan kalau salah satu siswa disaat PSAJ berlangsung dia keluar dari aplikasi tersebut maka akan diketahui oleh guru pengawas karena ada  portal batasan ,” katanya.

Baca Juga:Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Naluk Kompak Bersama Masyarakat Rakernis Ditjen Pentag Tahun 2024: Merefleksi Capaian Reforma Agraria

Lebih jauh Kepsek menjelaskan, dalam sistem CBT ini ada batas akhir, dimana sebelum ke titik habis para siswa tidak bisa mengirimkan jawaban.

” Jadi insyaAlloh para siswa dalam mengikuti ujian ini akan jujur, obyektif, sesuai dengan kemampuanya,” katanya.

Kepsek menuturkan, beberapa hari menjelang pelaksanaan PSAJ pihak sekolah mengecek dulu sumberdaya para siswa mengenai kepemilikan perangkat pendukung yaitu HP android.

” Dan Allhamdulillah para siswa di SMPN 3 Sumedang semua memiliki HP android, kalaupun masalah HP ada kendala maka sekolah siap menyediakannya karena disekolah ada Tab, dan untuk persiapanya dilaksanakan simulasi dan pengecekan hp para siswa selama kurang lebih satu hari,” ucapnya.  

Kepsek berharap pelaksanaan PSAJ di SMPN 3 Sumedang bisa berjalan baik dan lancar.

” Serta bisa memberikan gambaran nyata tentang kemampuan atau kompetensi siswa diberbagai mata pelajarannya, sehingga kemampuan para siswa bisa terukur,” katanya.

” Mudah- mudahan hasil dari PSAJ yang dilaksanajan sekarang, kemampuan siswa di sekolah kami diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga para siswa kami betul – betul dinyatakan layak lulus dengan nilai- nilai hasil ujian saat ini, dan kami harapkan anak didik kami lulus semua “, tutupnya. (ahm)

0 Komentar