Pemerintah Salurkan 250 Unit Pompanisasi, Sajidin: Tingkatkan Indeks Pertanaman di Sumedang

SALURKAN BANTUAN: Kepala DPKP Sumedang Sajidin menyalurkan bantuan pompanisasi dan perpompaan kepada para peta
SALURKAN BANTUAN: Kepala DPKP Sumedang Sajidin menyalurkan bantuan pompanisasi dan perpompaan kepada para petani, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang menyalurkan bantuan pompanisasi dan perpompaan. Penyaluran dilakukan secara bertahap kepada kelompok tani di Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sajidin mengatakan, bantuan pompanisasi sebanyak 250 unit. Sedangkan bantuan perpompaan sebanyak 20 paket.

“Bantuan pompanisasi berupa unit pompa. Sedangkan bantuan perpompaan, selain unit pompa juga ditambah pipanya,” jelas Sajidin kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:Babinsa Desa Neglasari Monitoring Mesin Pompa Air Para Petani di DarmarajaPenataan Wisata Mata Air Cipaingeun Kecamatan Paseh Belum Maksimal

Sajidin berharap, adanya bantuan pompanisasi dan alat perpompaan, bisa meningkatkan indeks pertanaman di Kabupaten Sumedang. 

“Diharapkan indek perranaman naik. Yang tadinya satu kali tanam dalam setahun menjadi dua ki tanam. Yang mulai tanam dari nol bisa menjadi satu kali tanam,” ujar Sajidin.

Sehingga, kata dia, semakin banyak masa tanam akan memengaruhi peningkatan produksi tanaman, salah satunya beras.

Saat ini kata dia, bantuan dari pemerintah pusat disalurkan secara bertahap, malalui pemerintah provinsi yang selanjutnya didistribusikan ke kota dan kabupaten.

Selain itu, tahun ini juga pemerintah menyalurkan bantuan benih dan pupuk kepada petani di Kabupaten Sumedang. 

“Begitu juga dengan pupuk subsidi tidak ada pengurangan kuota. Justru pemerintah pusat menembah alokasi pupuk subsidi sesuai dengan ajuan pemerintah kota kabupaten,” tutup Sajidin. (uya)

0 Komentar