Cara Unik Hewan Bertahan Hidup Dari Serangan Lawan

Hewan Unik Menghindari Serangan Musuh
Cara Unik Hewan Bunglon, Cicak, Ular, Kelelawar, Walang Sangit Menghindari Serangan Musuh
0 Komentar

sumedangekspres – Cara Unik Hewan Bertahan Hidup Dari Serangan Lawan

BunglonBunglon mengelabui musuhnya dengan kemampuan mengubah warna kulitnya. Ketika berada di dedaunan, warna kulitnya menjadi hijau, sementara di tanah, warnanya menyerupai warna tanah atau kecoklatan. Dengan kemampuan ini, bunglon dapat menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungan sekitarnya, sehingga musuh yang mencarinya dapat terkecoh. Proses ini disebut mimikri.

CicakCicak merupakan hewan yang memiliki kemampuan autotomi, di mana ekornya mudah putus dalam situasi bahaya. Strategi ini, yang dikenal sebagai autotomi, memungkinkan cicak untuk mengelabui musuhnya. 

Ketika dalam keadaan terancam, cicak secara tiba-tiba memutuskan ekornya. Ekornya yang terputus akan terus bergerak-gerak, menarik perhatian pemangsa sehingga memberikan kesempatan bagi cicak untuk melarikan diri dan menyelamatkan diri dari bahaya.

Baca Juga:Tips Mencegah Jantung Koroner Dari Usia Dini, Waspada Hindari Hal-hal BerikutBenda Pusaka yang Terdapat diKeraton Ngayogyakarta, Kini Masih disimpan Dengan Baik

UlarPada musim dingin, banyak hewan menghadapi tantangan besar. Beberapa tetap aktif dalam pencarian makanan, sementara yang lain memilih untuk hibernasi. Hibernasi adalah tidur khusus di mana suhu tubuh, detak jantung, dan pernapasan hewan sangat lambat. Tujuannya adalah menghindari cuaca dingin, kelangkaan makanan, dan menghemat energi. Contoh hewan yang melakukan hibernasi adalah ular, yang biasanya tinggal di sarangnya sepanjang musim dingin.

KelelawarDi beberapa bagian dunia, musim panas bisa menjadi waktu yang paling ekstrem. Udara menjadi sangat panas dan kering, mendorong beberapa hewan untuk mencari tempat perlindungan dan istirahat. Istirahat selama musim panas disebut estivasi, sebuah istilah yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “musim panas”. 

Tujuan hewan melakukan estivasi adalah untuk menghindari panas yang berlebihan dan kekurangan air. Salah satu contoh hewan yang melakukan estivasi untuk melindungi diri dari cuaca panas dan kering adalah kelelawar.

Walang SangitWalang sangit adalah serangga yang sering ditemui di dedaunan saat mencari makanan. Salah satu ciri khasnya adalah kemampuannya mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Bau tersebut berfungsi sebagai bentuk pertahanan diri untuk mengusir musuh-musuhnya. Dengan bau yang kuat ini, walang sangit dapat menjaga dirinya dari ancaman yang datang.

0 Komentar