Pemuda Muhammadiyah Sumedang Soroti Tawuran yang Kian Masif

SOSOK: Ketua Pemuda Muhammadiyah Dodi Partawijaya saat berbincang dengan Sumeks, baru-baru ini.
SOSOK: Ketua Pemuda Muhammadiyah Dodi Partawijaya saat berbincang dengan Sumeks, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – CIMALAKA – Banyaknya aksi tawuran yang terjadi di Kabupaten Sumedang disoroti berbagai pihak. Salah satunya, oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumedang dan Wakil Ketua DPD KNPI Sumedang, Dodi Partawijaya.

Dodi menegaskan, semua pihak harus cerdas dan peka. Harus melihat aspek psikologis, budaya, ekonomi politik dan lingkungan.

“Karena, tawuran ini tidak bisa diselesaikan oleh individu. Disini, peran penting orang tua, guru, masyarakat, pejabat dan peran apapun yang diemban harus memberikan tauladan yang baik kepada anak dan remaja,” kata Dodi kepada Sumeks, Selasa (28/5).

Baca Juga:Menjelang Hari Raya Idul Adha: Pasar Hewan Tanjungsari Diserbu PembeliCCEP Indonesia Tegaskan Komitmen Pengelolaan Air dan Kesejahteraan Komunitas di World Water Forum 2024

Diakui, kebisingan publik, baik dunia maya dan dunia nyata, terkadang menjadi sumber permasalahan yang menakutkan bagi anak-anak dan remaja. Mereka notabene masih belum stabil.

“Data menunjukkan 70 persen anak muda Indonesia ada dan aktif dalam dunia maya. Artinya, kita juga harus edukasi gadget, medsos dan sebagainya,” jelasnya.

Ditegaskan, seringkali anak dan remaja menjadi korban sistem di sekolah yang belum ramah anak. Jadi, sekolah yang belum ramah terhadap anak ini mungkin bisa menjadi indikator. 

Artinya, lanjut dia, sekolah juga sebagai sistem terbuka harus dipahami sebagai miniatur masyarakat kecil yang merefleksikan kehidupan yang sebenarnya.

“Pihak sekolah juga harus bekerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan yakni menjadi anak yang berkarakter baik,” tegasnya.

Kemudian, kata dia, harus adanya upaya persuasif untuk penanganan khusus masalah kenakalan remaja atau perilaku menyimpang seperti maraknya tawuran di Sumedang ini.

“Semua pihak harus bekerjasama dengan melibatkan berbagai stakeholder, baik itu RT, RW hingga pemerintahan atas. Semua harus melakukan pembinaan maksimal di kampung-kampung, melakukan pendekatan kepada anak dengan tidak memandang anak itu darimana berasal. 

Baca Juga:Makam Embah Dalam Surya Tani  Banyak Dikunjungi Para Peziarah dari Luar SumedangDigitalisasi Kunci Modernisasi Koperasi: Tidak Digital Semua Mahal

“Jadi tidak ada pembeda, tetap melakukan edukasi atau pendekatan persuasif misalkan kepada anak-anak yang masuk geng-geng,” jelasnya. 

Dia pun mengatakan peran instansi terkait seperti Disparpora sangat penting. Pendekatan program kepemudaan serta olahraga harus menyentuh kepada mereka yang masih muda. 

“Beri kegiatan inovatif dan jangan terlalu ketat secara birokrasi. Jadi si anak muda, baik itu Karang Taruna ataupun lainnya tidak susah untuk masuk ke ranah birokrasi,” terangnya. 

0 Komentar