Akibat Percikan Kabel Induk, Konveksi di Sindangpakuwon Kebakaran: Kerugian Capai Ratusan Juta

BERIKAN BANTUAN: Camat Cimanggung bersama Kapolsek, Danramil dan Kepala desa setempat saat memberikan bantuan
BERIKAN BANTUAN: Camat Cimanggung bersama Kapolsek, Danramil dan Kepala desa setempat saat memberikan bantuan di Cimanggung, Rabu (29/5).
0 Komentar

sumedangekspres – CIMANGGUNG – Sebuah kebakaran hebat melanda sebuah rumah permanen dua tingkat milik H. Roshid (75) di Kampung Babakan, RT 1 RW 09, Desa Sindangpakuwon, Kecamatan Cimanggung, Rabu (29/5). 

Rumah yang ditempati bersama keluarganya sekaligus dijadikan tempat usaha konfeksi pembuatan kaos, kerudung, dan kemeja yang dijual ke toko-toko di Kota Bandung, hangus terbakar.

Menurut H. Roshid, api pertama kali terlihat dari atap rumah tingkat dua. Ia menduga kebakaran ini disebabkan oleh percikan dari kabel induk PLN yang terkelupas. 

Baca Juga:Cibuluh Jadi Sentra Pisang Cadevis: Kembalikan Unsur Hara TanahPancasila Sebagai Salah Satu Pilar Kedaulatan Kebangsaan Indonesia

“Pernah ada tetangga yang melihat percikan api dari kabel itu dan sudah dilaporkan kepada petugas yang biasa mengecek meteran listrik ke rumah, namun setelah dilaporkan belum ada tindakan,” ungkap H. Roshid saat menerima bantuan dari Forkofincam Cimanggung.

Meski demikian, H. Roshid tidak menuntut pihak manapun atas musibah ini. 

“Ini adalah musibah dan mudah-mudahan secepatnya bisa dibangun kembali rumah ini,” tambahnya dengan penuh harap.

Sementara itu, Camat Cimanggung bersama Kapolsek, Danramil dan Kepala desa setempat meninjau lokasi kebakaran serta memberikan bantuan langsung untuk meringankan beban korban. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan alat tidur dari Dinas Sosial, BPBD, PMI, dan Baznas.

Dalam insiden tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Hingga kini, penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan, meski dugaan sementara mengarah pada arus pendek listrik.

Camat Cimanggung mengimbau warga untuk selalu waspada dan berhati-hati agar kejadian serupa tidak terulang kembali. 

“Kepada keluarga korban kebakaran, semoga tabah menghadapi cobaan ini. Kita tidak tahu apa rencana Allah ke depan, maka dari itu mari kita berpikir positif karena setiap musibah pasti ada hikmah yang akan diberikan Allah SWT kepada kita,” tuturnya.

Baca Juga:Buka Rakernis Ditjen SPPR, Menteri AHY: Capai Target Pendaftaran Sisa 7 Juta Bidang Tanah Pada Tahun 2024GCC Sumedang Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif

Ketika ditemui di lokasi kebakaran, beberapa tetangga mengaku sangat terkejut dan prihatin atas kejadian ini. 

“Kami sangat terkejut. Semoga keluarga Pak Roshid diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini,” ujar salah satu tetangga. (kos)

0 Komentar