Gejala dan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari!

Penyebab Asam Lambung Naik, Segera Hindari!
Penyebab Asam Lambung Naik, Segera Hindari!
0 Komentar

sumedangekspres – Gejala dan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari!

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), atau lebih dikenal sebagai penyakit asam lambung, adalah kondisi medis yang ditandai oleh terjadinya refluks asam lambung secara berulang ke dalam kerongkongan. 

Hal ini terjadi ketika katup antara lambung dan kerongkongan yang disebut sfingter esofagus bawah tidak berfungsi dengan baik, sehingga memungkinkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala dan komplikasi yang tidak nyaman dan bahkan merusak.

1. Jadwal makan malam yang tidak teratur dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Hal ini disebabkan karena setelah makan, tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur. 

Baca Juga:7 Rekomendasi Obat Asam Lambung Apotek dan Resep DokterWajib Dicoba! Obat Alami Untuk Mencegah Asam Lambung Kambuh

Sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik dalam mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

2. Menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kopi, dan minuman bersoda secara berlebihan, dapat mempengaruhi gejala asam lambung naik. Kebiasaan ini dapat merangsang produksi asam lambung, menyebabkan asam lambung menjadi sering naik.

3. Tidak mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi juga dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Kekenyangan setelah makan berlebihan dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks.

4. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD dan asam lambung naik. Lemak yang berlebih di sekitar perut dapat meningkatkan tekanan pada area perut, memicu refluks asam lambung ke kerongkongan.

5. Mengonsumsi camilan sebelum tidur sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan dalam porsi yang sesuai.

Mengonsumsi makanan pedas, asam, berminyak, dan berlemak memicu produksi asam lambung yang lebih banyak.(*)

0 Komentar