Pemdes Jatimulya Gencarkan Sosialisasi Aktivasi IKD

PAPARKAN: Kepala Desa Jatimulya, Entis Sutisna S Sos., saat memaparkan Sosialisasi dan Edukasi IKD di desanya,
PAPARKAN: Kepala Desa Jatimulya, Entis Sutisna S Sos., saat memaparkan Sosialisasi dan Edukasi IKD di desanya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Pemerintah Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara, secara terus mengadakan kegiatan sosialisasi untuk mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital di masyarakatnya.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh perangkat Desa, Ketua RT dan RW serta para Kader di desanya.

Kepala Desa (Kades) Jatimulya Entis Sutisna S Sos mengatakan, pihaknya selalu memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya perekaman dan aktivasi IKD.

Baca Juga:Intervensi Sektor Pertanian, Strategi Hapus Kemiskinan Ekstrem di SumedangBaznas Salurkan Ribuan Kantong Daging Kurban Untuk Warga di Sumedang

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari penggunaan IKD dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini selalu kami sampaikan apabila ada kegiatan di desa yang melibatkan masyarakat banyak seperti pembagian beras, pembagian BLT DD serta rapat – rapat di linkungan tingkat RT dan RW, tentang pentingnya aktivasi IKD ini,” ucap Kades, baru-baru ini.

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya aktivasi IKD, masyarakat dapat memperoleh berbagai kemudahan dalam mengakses KTP, KK, dan data keluarga.

Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah warga dalam mengurus berbagai keperluan yang memerlikan dokumen kependudukan.

“Program ini dinilai dapat memberikan kemudahan dalam mengakses layanan publik tidak perlu repot-repot datang ke kantor kecamatan untuk mengurus dokumen kependudukan. Semua bisa diakses secara digital,” ujarnya.

Kades berharap, kegiatan sosialisasi dan edukasi IKD tersebut dapat terus dilakukan di desanya. 

“Dengan terus-menerus sosialisasi dan edukasi, maka semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya aktivasi IKD dan dapat memanfaatkan pelayanan administrasi kependudukan secara optimal,” kata Kades.

Baca Juga:SMPN 3 Cimalaka Gelar Pelepasan Siswa Tahun Ajaran 2023 – 2024Penyakit Mulut dan Kuku & Lumpy Skin Disease Ancam Hewan Kurban

Lebih jauh kades mengatakan, untuk masyarakat desa sosialisasi dan edukasi di lapangan ini sangat diperlukan karena pemahaman masyarakat desa terkait dengan pentingnya IKD ini sangat kurang. 

“Setelah gencar sosialisasi dan edukasi, alhamdulillah sekarang setiap hari selalu ada warga yang Aktivasi IKD ke kantor desa dan hampir 25 persen warga kami Desa Jatimulya sudah aktivasi IKD,” ucapnya.

“Memang program ini tidak hanya mempermudah akses warga terhadap dokumen kependudukan, tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan sistem administrasi yang lebih efisien dan modern,” imbuh Kades.

Terkait kendala aktivasi IKD Kades mengatakan. 

0 Komentar