Petani di Ujungjaya Sumringah: Sawah Bisa Kembali Terairi

PANTAU: Salah satu anggota TNI pada saat memantau aliran air irigasi untuk penyiraman sawah di Ujungjaya, bar
PANTAU: Salah satu anggota TNI pada saat memantau aliran air irigasi untuk penyiraman sawah di Ujungjaya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – UJUNGJAYA – Para petani di enam desa di Kecamatan Ujungjaya bersyukur. Pasalnya, Bendungan Cariang kembali bisa dioperasikan pada bulan ini setelah dibuatkan tanggul sementara.  Hal tersebut disampaikan salah seorang petani di Kecamatan Ujungjaya, Tatang Hidayat saat berbincang dengan Sumeks, Kamis (20/6).

“Alhamdulillah, air sudah bisa mengaliri sawah seluas 1600 hektar lebih yang terdapat di enam desa. Dan sempat dilakukan ujicoba pada Sabtu (15/6) lalu. Kami sangat bersyukur,” kata Tatang. 

Dia menyebutkan, sawah di Desa Ujungjaya, Palasari, Keboncau, Sukamulya, Kudangwangi dan Palabuan kembali bisa diairi dari irigasi. Semua sawah di enam desa tersebut sangat mengandalkan pengairan dari irigasi Bendung Cariang. 

Baca Juga:PDAM Tirta Medal Pelayan Publik dan Pendukung Program Pemda Kabupaten SumedangPosyandu Tulip 2 Desa Pasirnanjung Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin: Upaya Deteksi Dini Penyakit

“Kami bersemangat kembali meski panen saat ini hanya bisa 20 persen. Dan itupun terbilang tidak normal akibat kurangnya air untuk penyiraman,” katanya 

Dia dan petani lainnya akan merencanakan tebar (melakukan penanaman padi-red) pada bulan Agustus. 

“Kami akan kembali menanam padi pada bulan delapan atau musim tanam yang akan datang,” katanya. 

Tatang pun berharap bendungan dapat bertahan lama sehingga para petani kembali dapat melakukan penanaman padi secara normal. Dan, tidak kekurangan air untuk lahan sawahnya. 

Seperti diketahui, tanggul sementara yang dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, di sekitar Bendung Cariang aliran Sungai Cipelang Kecamatan Ujungjaya sudah mulai diujicoba. 

Ujicoba tanggul sementara ini dilakukan dalam rangka memastikan kekuatan konstruksi tanggul, serta kemampuan daya tampung air yang nantinya akan dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan pertanian di wilayah Kecamatan Ujungjaya. 

Terkait ujicoba tanggul sementara Bendung Cariang ini, dibenarkan Camat Ujungjaya, Risyana. 

Baca Juga:SMPN 3 Sumedang Gelar Pelepasan Siswa Tahun Ajaran 2023/2024Berkah Idul Adha 1445 Hijriah: CCEP Indonesia Bagikan Hewan Qurban dan Dukung Pengembangan Masyarakat

“Iya betul, beberapa hari lalu tanggul sementara di Bendung Cariang itu, memang sudah diujicoba. Dan hasilnya, Alhamdulillah kuat,” kata Risyana, belum lama ini.

Risyana menyebutkan, ujicoba tanggul sementara di Bendung Cariang itu, memang hanya dilakukan selama beberapa hari. Soalnya, progres pembuatan tanggul tersebut baru mencapai sekitar 70 persen-an lebih. 

Lanjut dia, jika tidak ada kendala, tanggul sementara di Bendung Cariang itu akan difungsikan mulai akhir Juni, supaya pada bulan Juli mendatang lahan pertanian padi di wilayah Kecamatan Ujungjaya Sumedang, bisa kembali terairi secara optimal. 

0 Komentar