Pemdes Girimukti Gencarkan Sosialisasi dan Aktivasi IKD

DATANGI: Petugas Operator IKD Desa Girimukti Friedman Salik (Iyan), saat bertugas melaksanakan jemput bola reg
DATANGI: Petugas Operator IKD Desa Girimukti Friedman Salik (Iyan), saat bertugas melaksanakan jemput bola regitrasi IKD di lingkungan Dusun Ciwaru, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Untuk pencapaian target IKD yang digulirkan Kementrian Dalam Negeri melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kecamatan. Pemeritahan Desa (Pemdes) Girimukti terus gencarkan sosialisasi dan aktivasi IKD dengan sistem jemput bola ke lingkungan RT diwilayahnya. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Girimukti Adang Arifin melalui petugas operator IKD Desa Girimukti, Friedman Salik (Iyan) kepada Sumeks, kemarin.

“Untuk program IKD di Pemerintahan Desa Girimukti, kami sosialisasikan melalui para Ketua RT, Ketua RW, para Kader dan juga melalui sosial media serta WA group, yang ada di dalam lingkungan Desa Girimukti,” ucapnya Iyan.

Baca Juga:Terima Kunjungan Duta Besar Norwegia, Menteri AHY Pastikan Kemudahan InvestasiPastikan Tak Terlibat Judi Online, Pj Bupati Yudia Ramli Periksa HP ASN

Selain itu ia juga mengatakan, untuk mengejar target, pihaknya saat ini sudah menjalankan sistem jemput bola, dengan meminta kepada para Ketua RT dan RW untuk mengumpulkan warganya yang akan regitrasi atau aktivasi IKD kemudian menjadwalkan waktu. 

“Untuk hari dan jamnya yang agar aktivasi bisa dilaksanakan secara kolektif yang di sinkronkan, dengan aktivitas kegiatan kami di desa,” sambung Iyan.

Untuk kendala dilapangan Iyan mengatakan, kendalanya yang paling sering ditemui adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang double dan yang belum Aktif.

“Untuk masalah tersebut kami harus menghubungi dulu pihak Kecamatan atau langsung ke Disdukcapil,” ungkapnya.

Iyan berharap sampai bulan Agustus nanti target aktivasi IKD di Desa Girimukti bisa tercapai.

“Mudah-mudahan sampai bulan Agustus nanti tercapai 100 persen target untuk Desa Girimukti, tapi mudah-mudahan bisa secepatnya minimal di bulan Juli ini bisa tercapai mendekati ke 100 persen,” harapnya.

Iyan juga mengimbau kepada masyarakat yang belum registrasi atau aktivasi IKD untuk segera meregistrasikannya.

Baca Juga:Yudia Sebut Bendungan Cipanas Membawa Banyak Manfaat: Untuk Pertanian, Pariwisata dan Peningkatan EkonomiHadapi Pilkada 2024, Pj Sekda Sumedang Minta ASN Jaga Netralitas

“Dengan datang langsung ke desa atau juga bisa menghubungi para Ketua RT dan RW masing-masing untuk membuat jadwal, nanti kami petugas dari pemerintahan desa akan jemput bola langsung ke lapangan ke rumah ketua RT atau Ketua RW yang menjadwalkan untuk program IKD tersebut,” katanya. 

Sampai saat ini tercatat pencapaian program IKD di Desa Girimukti yaitu 13,15 persen, dengan jumlah warga yang sudah melakukan aktivasi IKD 228 jiwa, dari target 1734 jiwa, dan jumlah Wajib KTP 5781 jiwa. (ahm)

0 Komentar