Apakah Buah Pepaya Muda Layak untuk dikonsumsi Ibu Hamil?

buah pepaya muda
Buah pepaya muda untuk ibu hamil
0 Komentar

sumedangekspres – Pepaya terkenal bisa mencegah sembelit pada ibu hamil. Sayangnya, pepaya muda untuk ibu hamil umumnya tidak disarankan, nih. Alasannya adalah karena buah ini mengandung zat yang bisa berisiko mengganggu kehamilan. Apa saja risiko mengonsumsi pepaya muda pada ibu hamil? Yuk, kita simak infonya!

Pepaya mengandung nutrisi untuk mendukung kehamilan yang sehat, seperti vitamin A, vitamin C, serta folat. Buah tropis ini juga kaya akan air dan serat yang bisa mengatasi sembelit, yakni salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil.

pepaya muda tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pepaya muda mengandung enzim papain yang dapat merangsang kontraksi dan berisiko menyebabkan keguguran atau persalinan prematur karena aktivitasnya yang mirip dengan hormon prostaglandin. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya memilih untuk mengonsumsi pepaya yang sudah matang sepenuhnya dengan kulit berwarna kuning keemasan, daging buah berwarna oranye cerah, tekstur yang lunak saat ditekan, dan aroma manis khas.

Baca Juga:Jadwal Film Bioskop Trans TV 24 Juli 2024, The Hitman's Bodyguard dan The Hitman's BodyguardTeka-teki Kata Makanan MPLS dan Jawabanyna yang Cukup Unik

Meskipun pepaya muda sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit dan tidak sering, ada beberapa alternatif lain yang dapat dijadikan pengganti, seperti labu siam dan rebung. Kedua sayuran ini memiliki tekstur renyah yang mirip dengan pepaya muda. Penting untuk memasaknya hingga matang dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Labu siam kaya akan folat yang penting untuk perkembangan otak dan saraf janin, sementara rebung mengandung serat yang dapat mencegah sembelit. Dengan memilih alternatif ini, ibu hamil tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatan tanpa risiko yang terkait dengan pepaya muda.

Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi pepaya yang benar-benar matang untuk menghindari paparan enzim papain yang berisiko. Selalu hindari juga buah atau makanan lain yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil demi menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin dengan baik.(*)

0 Komentar