Daftar 5 Negara di Dunia yang Melarang Penggunaan Hijab, Termasuk Negara dengan 96% Warga Muslim

Penggunaan Hijab
Penggunaan Hijab
0 Komentar

sumedangekspres – Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Oleh karena itu, sejak kecil kita sudah sering melihat wanita yang mengenakan hijab sebagai bentuk penutup tubuh sesuai dengan ajaran agama.

Penggunaan hijab merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak muslimah di Indonesia. Selain sebagai bentuk ketaatan pada ajaran agama, hijab juga berfungsi sebagai identitas dan simbol kebanggaan.

Dalam Islam, mengenakan hijab adalah hak dan kewajiban bagi wanita untuk menutup aurat sebagai bentuk penjagaan terhadap kehormatan dan menghindari syahwat.

Baca Juga:Spesifikasi Handphone Oppo K12x 5G, Sertifikasi Ketahanan Kelas MiliterCara Memilih Benih Kelapa Sawit Unggul Agar Tidak Menghambat Produksi

Namun, meskipun hijab penting dalam kehidupan seorang muslimah, beberapa negara menerapkan larangan ketat terhadap pemakaian hijab, baik di institusi tertentu maupun di ruang publik. Larangan ini telah memicu gerakan untuk memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional atau Hari Hijab Dunia.

Peringatan ini menjadi momentum bagi perempuan muslim dari berbagai negara untuk melawan stereotipe dan citra negatif yang sering dikaitkan dengan hijab.

Hari Solidaritas Hijab Internasional adalah momen di mana muslimah di seluruh dunia bersatu untuk menegaskan bahwa hijab adalah simbol kebebasan dan kepercayaan, bukan penindasan.

Dirangkum dari laman https://dunia.tempo.co/, berikut adalah daftar 5 negara di dunia yang melarang penggunaan hijab:

1. PrancisPrancis memiliki sejarah panjang dalam isu sekularisme, yang sejak abad ke-19 telah mengatur ketat pemakaian identitas keagamaan di sekolah-sekolah. Sekularisme di Prancis berarti pemisahan tegas antara agama dan negara, sering kali diterjemahkan dalam kebijakan yang membatasi ekspresi keagamaan di ruang publik.

Pada tahun 2004, Prancis mengeluarkan aturan yang melarang penggunaan hijab di lingkungan pendidikan. Selanjutnya, pada tahun 2010, negara yang dikenal sebagai Kota Mode ini memberlakukan larangan penggunaan cadar di tempat umum.

Kebijakan ini menimbulkan kontroversi dan protes dari komunitas Muslim di Prancis, yang merasa bahwa aturan tersebut merupakan bentuk diskriminasi dan pelanggaran terhadap kebebasan beragama.”

2. India

Baca Juga:Bagi Anda Pecinta Kopi, Segera Simpan Stok Dari Sekarang Karena Akan Ada Kenaikan Harga di Bulan Depan5 Pekerjaan Jarak Jauh yang Paling diminati pada Tahun 2024 dengan Gaji yang Bisa mencapai Belasan Juta

Negara berikutnya yang melarang penggunaan hijab adalah India. Isu ini bermula ketika mahasiswa Muslim di sebuah perguruan tinggi negeri di distrik Udupi, Karnataka, dilarang memasuki ruang kelas karena mengenakan hijab.

0 Komentar