Bakar Sampah Sembarangan, Ratusan Meter Lahan di Jatimulya Kebakaran

PADAMKAN: Petugas Pemadam Kebakaran wilayah Sumedang Kota saat memadamkan lahan yang kebakaran di Desa Jatimul
ISTIMEWA, PADAMKAN: Petugas Pemadam Kebakaran wilayah Sumedang Kota saat memadamkan lahan yang kebakaran di Desa Jatimulya, Minggu (11/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang. Kebakaran lahan terjadi di Dusun Bojong Inong RT 01 RW 03 Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara, Minggu (11/8).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cece Ruhiat mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 10.50.

“Kebakaran membakar lahan milik Ayom dan Uum di Bojong Inong RT 01 RW 03 Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara,” ujar Cece kepada Sumeks.

Baca Juga:Rawan Kejahatan Polsek Sumedang Selatan Tingkatkan Patroli MalamPLN Majalengka Bersiap Sambut Hari Kemerdekaan Dengan Gelar Personil Dan Peralatan

Dikatakan, kejadian berawal saat masyarakat sedang melakukan kerja bakti sambil membakar sampah. Sehingga, membuat api membesar lalu merembet ke rumpun bambu.

“Rumpun bambu itu terjatuh ke jalan mengakibatkan terjadi kemacetan lalulintas,” kata Cece.

Cece menuturkan, asal api berasal dari pembakaran sampah. Luas area yang terbakar kurang lebih 350 M².

“Mulai penanganan kebakaran pukul 10.58 hingga selesai penanganan kebakaran 13.45. Untuk pelaksana kegiatan Regu Piket 1 Yudha, UPT Damkar Wilayah kota, BPBD Kabupaten Sumedang bersama warga,” jelasnya.

Sebelumnya, dua unit mobil pemadam kebakaran dari Wilayah Kota dan Conggeang memadamkan api di pinggir tol dekat gerbang Tol Ujungjaya.

Di wilayah tersebut, sekitar 500 m2 alang-alang terbakar. Diduga, sumber api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan ke alang-alang, sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Sumber api diduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan ke alang-alang, sehingga menyebabkan kebakaran,” kata Cece.

Baca Juga:Jumat Curhat, Perkuat Koordinasi AparatBahayakan Warga, Damkar Sumedang Kota Evakuasi Ular King Kobra

Dikatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran alang-alang dari CKJT. Cece menuturkan, pelapor khawatir asap dari kebakaran dapat menggangu pengguna jalan. Sehingga menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk segera di padamkan.

“Dua unit mobil pemadam kebakaran dari Regu 2 UPT Damkar Wilayah Conggeang dan dibantu oleh Regu 2 UPT Damkar Wilayah Sumedang Kota dikerahkan untuk memadamkan api. Dan api berhasil dipadamkan,” pungkasnya. (bim)

0 Komentar