Latihan di Cibubur, 76 Calon Paskibraka dari Seluruh Penjuru Nusantara Siap Kibarkan Merah Putih di IKN

Calon Paskibraka tingkat nasional menjalani sesi pelatihan di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur.
Calon Paskibraka tingkat nasional menjalani sesi pelatihan di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Depok, Jawa Barat, pada Kamis, 1 Agustus 2024. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Sebanyak 76 calon Paskibraka tingkat nasional untuk tahun 2024 telah memulai pelatihan di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Berdasarkan pengamatan di lokasi pada Kamis, 1 Agustus 2024, calon Paskibraka yang berasal dari 38 provinsi ini memulai latihan sejak sekitar pukul 08.00 WIB.

Selama latihan, para calon Paskibraka mengenakan seragam lengan panjang berwarna merah yang dipadukan dengan warna putih, serta topi merah dan sepatu yang sesuai.

Baca Juga:Kilas Balik Sejarah! BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka Setelah 55 TahunNasi bukan Hanya Sekedar Pelengkap, Tetapi Merupakan Makanan Pokok yang Esensial

Meskipun cuaca cukup terik, para calon Paskibraka tetap bersemangat dan antusias dalam menjalani latihan. Mereka nantinya akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih di IKN pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina, menjelaskan bahwa program Paskibraka ini bertujuan untuk mengarusutamakan Pancasila bagi putra-putri terbaik bangsa, sekaligus memperkuat jiwa kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan.

Program ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air, serta semangat patriotisme dan nasionalisme bagi para calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Materi yang akan diberikan selama pemusatan pendidikan dan pelatihan mencakup pembelajaran aktif, pelatihan, dan pengasuhan.

Calon Paskibraka akan mengikuti kegiatan ini hingga 10 Agustus 2024 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat, sebelum mereka berangkat ke IKN.

Untuk diketahui, calon Paskibraka tingkat nasional telah melewati proses rekrutmen dan seleksi yang sangat ketat.

Mereka telah mengikuti sesi pembelajaran aktif di Pusdiklat Paskibraka 2024, Cibubur, sejak 12 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Baca Juga:Mengecek Anemia Sendiri Dapat dilakukan Tanpa Alat Khusus, dan Langkah ini Sangat PentingSusu Almond Bisa Menjadi Solusi Ideal Bagi Ibu Hamil yang Sering Merasa Mual, Kembung, atau Sakit Perut

Setelah menerima materi Pembinaan Ideologi Pancasila, para calon Paskibraka juga mendapatkan pembekalan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia. (*)

0 Komentar