Tiga Ular Berbisa Bahayakan Warga: Damkar Sumedang Lakukan Evakuasi

EVAKUASI: Petugas Damkar saat melakukan evakuasi ular jenis king kobra di sebuah kandang ayam di Desa Margamek
EVAKUASI: Petugas Damkar saat melakukan evakuasi ular jenis king kobra di sebuah kandang ayam di Desa Margamekar, Jumat (9/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Selang dua hari, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari UPT Damkar Wilayah Kota Sumedang berhasil mengevakuasi tiga ekor ular berbisa yang meresahkan warga. Belum lama ini, petugas Damkar berhasil mengamankan dua ekor ular kobra dari dua lokasi berbeda.

“Petugas pemadam kebakaran dari UPT Damkar Wilayah Kota Sumedang berhasil mengevakuasi dua ular kobra Jawa, yang pertama panjangnya 1 meter dan yang kedua panjang 1,5 meter,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cece Ruhiat, baru-baru ini.

Dikatakan, ular kobra jawa pertama dievakuasi di Dusun Bojong Loa RT 03 RW 03 Desa Girimukti Kecamatan Sumedang Utara pada pukul 13.00.

Baca Juga:Warga Keluhkan Jalan Rusak di Kawasan Kota SumedangPerses Tulang Punggung PSSI Sumedang

“Petugas mulai melakukan evakuasi pada pukul 13.15 WIB dan dalam waktu 15 menit berhasil dievakuasi. Alhamdulillah tidak ada korban,” ungkapnya.

Sedangkan ular kobra jawa kedua, lanjut Cece, dievakuasi di Dusun Nalegong Perum Bumi Asri no B2 Ragadiem Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan.

“Ular kobra jawa ini masuk ke saluran air rumah milik salah seorang warga pada dan Alhamdulillah dapat dievakuasi,” ujar Cece.

Cece mengatakan, kedua ular kobra Jawa tersebut rencananya akan dilepas liarkan ke habitatnya.

“Untuk ular yang berhasil ditangkap petugas Damkar, nanti akan dilepas liarkan ke habitatnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Regu 1 UPT Damkar Wilayah Sumedang kota berhasil mengevakuasi ular jenis king kobra sepanjang 3 meter. Ular berhasil dievakuasi dari sebuah kandang ayam di Dusun cibungur RT 02 RW 07 Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan.

Dari video yang diterima redaksi, ular yang diamankan tampak berukuran cukup besar. Sebanyak tiga orang anggota Damkar Wilayah Sumedang Kota mengamankan/mengevakuasi ular dari sebuah kandang ayam. Untuk keamanan, ular itu dimasukkan ke dalam karung setelah mulutnya ditutup menggunakan lakban.

Baca Juga:Galuh Pakuan Bersiap Jadi Desa DefinitifParkir Liar di Cicalengka Ancam Pemasukan PAD

Kepala Bidang Damkar pada Satpol PP Kabupaten Sumedang, Cece Ruhiat mengatakan pihaknya menerima laporan dari seorang perangkat Desa Margamekar, A Wawan.

“Pada saat itu juga evakuasi langsung dilakukan,” kata Cece kepada awak media.

0 Komentar