BPIP: Tidak Ada Larangan Pakai Jilbab Bagi Paskibraka Perempuan

BPIP
BPIP, tidak ada larangan pakai jilbab bagi paskibraka perempuan
0 Komentar

sumedangekspres – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah mengeluarkan pernyataan resmi untuk menangani kegaduhan yang muncul akibat pemberitaan mengenai Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024. Pada 13 Agustus 2024, pemberitaan mengungkapkan bahwa para anggota Paskibraka tidak menggunakan hijab atau jilbab saat Pengukuhan.

Dalam pernyataan tersebut, BPIP menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul dan memberikan sejumlah penjelasan penting terkait isu tersebut. BPIP berkomitmen untuk menangani masalah ini secara hati-hati dan akan terus berupaya untuk memastikan bahwa semua kebijakan yang diterapkan sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip yang berlaku.

Permintaan Maaf dan Evaluasi

BPIP meminta maaf atas segala kegaduhan yang terjadi terkait pemberitaan mengenai Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024. Dalam pernyataan resminya, BPIP menyatakan komitmen untuk melakukan evaluasi menyeluruh guna memastikan agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

Tidak Ada Pelarangan Hijab

Baca Juga:Berbagai Cara Merawat dan Mencegah Munculnya Luka DiabetesPenyebab Umum dan Penyakit yang Dapat Menyebabkan Sering Haus

BPIP menegaskan bahwa tidak ada pelarangan penggunaan hijab bagi para Paskibraka di semua tingkat, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. BPIP memastikan bahwa kebebasan beragama tetap dijunjung tinggi dan dijamin.

Aturan Sikap Tampang Paskibraka

Menurut Surat Edaran Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP No. 1 Tahun 2024 tentang Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, diatur mengenai sikap tampang yang harus dipatuhi oleh Paskibraka. Namun, aturan tersebut tetap menghormati kebebasan individu dalam menjalankan keyakinannya.

Fasilitasi Ibadah

BPIP memastikan bahwa selama pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka Tingkat Pusat di Cibubur dan Ibu Kota Nusantara (IKN), fasilitas untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing akan terus disediakan.

Menghormati Peringatan HUT Kemerdekaan RI

BPIP mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga kekhidmatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yang tahun ini akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Ibu Kota Nusantara.

Dalam penutup pernyataan, BPIP mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan perhatian luar biasa kepada para pemuda-pemudi pilihan bangsa yang akan mengibarkan Sang Merah Putih di Ibu Kota Nusantara.(*)

0 Komentar