Karnaval Meriahkan Hari Pramuka di Kabupaten Sumedang

RAMAI: Sejumlah siswa SD hingga SMP yang memenuhi Kawasan Alun-alun Kota pada saat mengikuti karnaval hari Pra
RAMAI: Sejumlah siswa SD hingga SMP yang memenuhi Kawasan Alun-alun Kota pada saat mengikuti karnaval hari Pramuka, Rabu (14/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sumedang menggelar upacara dan karnaval di Alun-Alun Kota Sumedang, Rabu (14/8). Acara dihadiri oleh peserta dari berbagai Kwartir, mulai dari tingkat SD hingga SMP di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sumedang, Erwan Setiawan, hadir langsung dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar peringatan ini dapat memupuk semangat Pramuka di kalangan anak-anak dengan sepenuh hati.

“Saya sangat mengapresiasi anak-anak yang telah bergabung dalam gerakan Pramuka di Kabupaten Sumedang. Semoga peringatan ini dapat memperkuat jiwa Pramuka mereka,” ujarnya.

Baca Juga:Penyuluh Agama di Sumedang Diajak Hapuskan Kemiskinan Ekstrem1.045 KPM Desa Trunamanggala Terima Bantuan Beras 

Pramuka dikenal sebagai wadah pembentukan karakter yang kuat, di mana anak-anak diajarkan untuk mandiri dan berjiwa sosial tinggi. Tidak hanya itu, Pramuka juga menanamkan nilai-nilai nasionalisme, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Hal itu menjadikan pendidikan Pramuka sebagai salah satu sarana penting dalam membentuk generasi yang berjiwa sosial dan cinta tanah air. Pembina dari SD Negeri Panorama, Cimalaka, Wiwin Mulyati, juga mengapresiasi pelaksanaan acara tersebut.

Ia menyebut acara ini sebagai kegiatan yang sangat bagus, kreatif, dan inovatif bagi anak-anak yang terlibat dalam gerakan Pramuka.

“Acara ini luar biasa, kreatif, dan inovatif. Terima kasih telah menjadikan Sumedang lebih simpatik dan berkarakter,” ungkapnya.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan perkenalan budaya khas Sumedang, yaitu kesenian Tarawangsa. Seluruh anggota Pramuka di Kabupaten Sumedang turut berpartisipasi dalam memperkenalkan budaya tersebut, yang menjadi salah satu daya tarik utama dalam peringatan kali ini.

“Perkenalan budaya seperti tari Tarawangsa menunjukkan bahwa Sumedang kaya akan budaya. Semoga ke depan, acara seperti ini terus dilakukan untuk kemajuan Sumedang,” tutup Erwan. (cr1)

0 Komentar