Penyebab dan Faktor Risiko Penyakit Liver yang Harus diperhatikan

Faktor penyebab penyakit liver.
Faktor penyebab penyakit liver.
0 Komentar

sumedangekspres – Penyakit liver adalah istilah yang mencakup berbagai gangguan pada hati yang mengakibatkan organ ini tidak berfungsi dengan baik. Penyakit liver dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus, kecanduan alkohol, atau penumpukan lemak di hati.

Hati memiliki fungsi penting, antara lain membersihkan darah dari senyawa berbahaya dan memproduksi protein yang penting untuk pembekuan darah.

Hati memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak. Namun, pada penderita penyakit liver, jumlah sel hati yang rusak bisa sangat banyak, sehingga mengganggu fungsi hati. Biasanya, fungsi hati mulai menurun ketika 75% sel hati telah rusak.

Baca Juga:Viral Beredar Video Empat Remaja Tawuran di Wilayah Perhutani Tomo SumedangDitanya Prediksi Lawan Kotak Kosong, KDM: Keadaan Apapun Kita Harus Siap

Penurunan fungsi hati umumnya terjadi secara bertahap, mengikuti perkembangan penyakit yang mendasarinya. Kerusakan yang timbul akibat penurunan fungsi hati akan bervariasi sesuai dengan kondisi penyakitnya.

Penyebab Penyakit Liver

Penyakit liver dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa jenis penyakit liver berdasarkan penyebabnya:

1. Penyakit liver terkait alkoholPenyakit ini disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan, yang bersifat toksik bagi sel hati. Hati yang harus menyaring alkohol dari darah dapat mengalami kerusakan.

2. Perlemakan hati (NAFLD) Dalam kondisi normal, sel hati mengandung sedikit lemak. Penumpukan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan fungsi hati. Kondisi ini sering terjadi pada orang dengan obesitas.

3. Hepatitis Hepatitis adalah peradangan pada jaringan hati yang bisa bersifat akut atau kronis. Jenis-jenis hepatitis meliputi hepatitis A, B, C, D, E, dan hepatitis autoimun.

4. Hepatitis toksik Disebabkan oleh paparan senyawa kimia beracun, baik dari obat, suplemen, atau zat kimia lainnya. Penggunaan obat secara berlebihan atau tidak sesuai petunjuk dokter dapat menyebabkan hepatitis toksik. Obat-obatan yang dapat memicu kondisi ini termasuk paracetamol, amoxicillin, dan diclofenac.

5. Penyakit liver kolestasis Terjadi akibat gangguan pada sel hati (hepatocellular cholestasis) atau saluran empedu (cholangiocellular cholestasis). Penyebabnya termasuk primary biliary cirrhosis, cystic fibrosis, dan primary sclerosing cholangitis.

Baca Juga:Calon Pimpinan KPK dan Tantangan 79 Tahun Indonesia MerdekaKDM Bakal Siapkan Ruang Pelayanan RS Berstandar Internasional di Setiap Daerah Jawa Barat

6. Penyakit liver yang diturunkan Disebabkan oleh kelainan genetik yang mempengaruhi fungsi hati. Contoh penyakit liver genetik adalah hemokromatosis dan defisiensi alfa-1 antitripsin.

0 Komentar