Ular King Koros Menyelinap ke Rumah Warga di Kelurahan Situ

EVAKUASI: Petugas Damkar Wilayah Sumedang Kota berhasil mengamankan ular berjenis King Koros dari dapur milik
ISTIMEWA, EVAKUASI: Petugas Damkar Wilayah Sumedang Kota berhasil mengamankan ular berjenis King Koros dari dapur milik warga di Kelurahan Situ, Rabu (21/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Seekor ular berhasil menyelinap ke pemukiman warga. Ular berhasil menyelinap ke rumah milik Karena (70) di lingkungan Lembur Situ RT 04 RW 13 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, Rabu (21/8). Ular itu sendiri sempat membuat panik pemilik rumah.

Sehingga, pemilik rumah segera melaporkan keberadaan ular tersebut kepada UPT Damkar Wilayah Sumedang Kota. Petugas dari Regu 1 UPT Damkar Wilayah Sumedang Kota berhasil mengevakuasi ular berjenis King Koros tersebut.

“Kami menerima laporan sekitar pukul 02.15. Mulai evakuasi dilakukan sekitar pukul 02.20 dan selesai pukul 02.30,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Kabupaten Sumedang, Cece Ruhiat.

Baca Juga:PWRI Cimanggung Turut Berikan Kontribusi ke MasyarakatRatusan Meter Lahan Tol Cisumdawu Kebakaran

Dikatakan, posisi ular tersebut berada di dapur. Ular menyelinap di bawah kursi plastik.

“Petugas Damkar akhirnya berhasil mengevakuasi ular dari dalam rumah,” tegas Cece.

Dalam video yang diterima redaksi, ular berada di bawah kursi plastik yang berada di ruangan dapur. Petugas mengamankan ular tersebut dengan menggunakan tongkat dan memasukannya ke dalam tabung untuk diamankan.

Dari beberapa literatur, ular king koros (Ptyas carinata) adalah sejenis ular tikus yang tersebar di Asia Tenggara. Nama umumnya dalam bahasa Inggris adalah Keeled ratsnake atau Chinese ratsnake.

Ular king koros memiliki tubuh dengan bagian depan abu-abu gelap kecoklatan, bagian tengah hitam dan krim dengan pola kotak-kotak, ekor hitam dengan bintik-bintik, dan leher putih atau krem dengan abu-abu gelap pada perut. Saat merasa terancam, ular king koros mengeluarkan bau menyengat sebagai mekanisme bela diri.

Ular king koros memangsa tikus, katak besar, dan kadal. Ia juga memangsa ular lain, sehingga dinamakan ular king. Ular king koros sering ditemukan berkeliaran di pemukiman penduduk. (bim/bbs)

0 Komentar