Perumda Tirta Medal Salurkan Air Bersih Gratis di Dusun Parumasan

ANTRE: Sejumlah warga Parumasan Paseh, sumringah lantaran mendapatkan bantuan air bersih dari Perumda Air Minu
ANTRE: Sejumlah warga Parumasan Paseh, sumringah lantaran mendapatkan bantuan air bersih dari Perumda Air Minum Tira Medal, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Upaya membantu masyarakat yang terdampak krisis air bersih akibat musim kemarau. Perumda Air Minum Tirta Medal Sumedang menyalurkan air bersih untuk ratusan warga Dusun Parumasan Desa Paseh Kaler Kecamatan Paseh.

Kepala Seksi Pemetaan Jaringan dan Perizinan Perumda Air Minun Tirta Medal, Ujang Suwarno menyebutkan, bantuan air bersih yang diberi nama keran umum itu, tersebar di empat titik lokasi.

“Untuk warga di sekitar itu, bisa mengambil air di tempat yang tersedia keran umum, jadi tidak usah jauh-jauh mengambil air dari sumber mata air yang memang cukup jauh dari permukiman,” terangnya kepada Sumeks, Selasa (3/9).

Baca Juga:Kelurahan Situ Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 90 PersenAktivasi IKD di Desa Serang Cimalaka Capai 100 Persen

Disebutkan, untuk meyuplai air bersih ke Dusun Parumasan, pihaknya memanfaatkan saluran pipa air bersih yang memang tetintregasi ke para pelanggan Perumda di Kecamatan Paseh. Sedangkan untuk pasokan air, pihaknya menggelontorkan 10 kubik perkeluarga, untuk setiap buannya.

“Kita suplai masyarakat di sana sampai dengan datangnya musim hujan sehingga sumur mereka kembali normal atau sekitar bulan Januari 2025 mendatang,” terangnya.

Lebih jauh Ujang membeberkan, pada musim kemarau tahun ini, bantuan air bersih yang disalurkan Perumda Tirta medal baru kali pertama dipersembahkan bagi warga Parumasan.

Berikutnya, tidak menutup kemungkinan, perusahaan pelat merah itu akan melakukan hal yang sama bagi warga yang memang sangat membutuhkan.

“Untuk saat ini baru Paseh saja. Bagi daerah lain yang membutuhkan, harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),” katanya.

Sebagaimana yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu, pihaknya selalu berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Sumedang, dalam menangani masalah krisis air bersih. (nur)

0 Komentar