Berbagai Manfaat dan Kandungan Nutrisi Loquat

Berbagai Manfaat dan Kandungan Nutrisi Loquat
Berbagai Manfaat dan Kandungan Nutrisi Loquat
0 Komentar

sumedangekspres – Loquat adalah buah yang berasal dari Asia Timur dan meskipun jarang terdengar, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, berkat kandungan nutrisi antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya.

Loquat (Eriobotrya japonica), yang juga dikenal sebagai buah biwa atau plum Jepang, memiliki bentuk bulat kecil dan tumbuh berkelompok. Buah ini bervariasi dalam warna, dari kuning hingga oranye, dan memiliki rasa asam manis yang khas.

Selama berabad-abad, masyarakat Tiongkok telah memanfaatkan buah, daun, dan biji loquat sebagai obat tradisional karena kandungan nutrisinya yang beragam. Buah ini juga kaya serat, yang baik untuk pencernaan.

Kandungan Nutrisi Loquat

Baca Juga:Peran Rokok Elektrik terhadap KesehatanMengurangi Kolesterol dengan Beta Glucan dan Inulin

Dalam 100 gram buah loquat, terkandung:- 47 kalori- 87 gram air- 0,4 gram protein- 0,2 gram lemak- 12 gram karbohidrat- 2 gram serat- 16 miligram kalsium- 13 miligram magnesium- 27 miligram fosfor- 266 miligram kalium

Buah ini juga mengandung zat besi dan vitamin C dalam jumlah kecil serta senyawa antioksidan seperti karotenoid, beta karoten, dan fenolik yang mendukung kesehatan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Berbagai Manfaat Loquat bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung Buah loquat kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk potasium dan magnesium, yang membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga fungsi pembuluh darah. Senyawa karotenoid dan fenolik juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi peradangan.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker Ekstrak kulit, daun, biji, dan daging buah loquat memiliki sifat antikanker berkat senyawa beta karoten dan fenolik. Makanan tinggi antioksidan seperti loquat dapat membantu menurunkan risiko kanker, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Mengurangi Peradangan Loquat mengandung senyawa antiradang seperti triperten dan antioksidan yang membantu mengatasi peradangan, mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan terkait peradangan.

4. Meningkatkan Imunitas dan Daya Tahan Tubuh Kandungan antioksidan dari beta karoten dan vitamin C dalam loquat mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu melawan radikal bebas dan penyakit.

5. Mengurangi Risiko Osteoporosis Loquat mengandung mineral penting untuk kesehatan tulang seperti fosfor dan kalsium. Senyawa karotenoid, termasuk lutein dan zeaxanthin, juga membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

0 Komentar