Beberapa Sumber Nabati yang Dapat Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12

Beberapa Sumber Nabati yang Dapat Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12
Beberapa Sumber Nabati yang Dapat Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12.
0 Komentar

sumedangekspres – Meskipun produk hewani seperti hati sapi dan susu adalah sumber utama vitamin B12, ada beberapa sayuran yang juga mengandung vitamin ini, meski dalam jumlah terbatas. Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah, DNA, dan kesehatan sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, gangguan saraf, kelelahan, kesemutan di tangan dan kaki, serta masalah pencernaan.

Beberapa sumber nabati yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12, terutama bagi mereka yang mengikuti diet vegan atau vegetarian. Berikut adalah ringkasan dari informasi tersebut:

1. Nori: Rumput laut kering ini mengandung vitamin B12, dengan 100 gram nori mengandung sekitar 30–60 mikrogram vitamin B12. Mengonsumsi 4 gram nori sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian.

Baca Juga:Penggunaan Omeprazole Selama Kehamilan Memang Memerlukan Perhatian KhususChia seed dan emon emiliki Sejumlah anfaat Kesehatan yang Saling Melengkapi, Inilah Beberapa Manfaatnya

2. Jamur Shitake: Jamur ini mengandung vitamin B12, dan untuk memenuhi kebutuhan harian, disarankan mengonsumsi setidaknya 50 gram jamur shitake kering. Selain vitamin B12, jamur shitake juga mengandung berbagai vitamin B lainnya serta mineral penting.

3. Sayuran Fermentasi: Sayuran yang difermentasi seperti kimchi, acar, asinan, dan sauerkraut mengandung vitamin B12 karena proses fermentasi melibatkan ragi yang menghasilkan vitamin ini. Makanan fermentasi lain seperti tempe dan kombucha juga bisa menjadi sumber vitamin B12.

Penting untuk dicatat bahwa sayuran biasanya tidak mengandung vitamin B12 secara alami, sehingga diet yang mengandalkan sayuran tersebut harus dipadukan dengan sumber vitamin B12 lain atau suplemen untuk memastikan kecukupan asupan vitamin B12.(*)

0 Komentar