Musrenbang Desa Pasirnanjung, Susun Rencana Pembangunan 

RENCANAKAN: Sejumlah aparat beserta warga Desa pasirnanjung saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa
RENCANAKAN: Sejumlah aparat beserta warga Desa pasirnanjung saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang) di Aula desa, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Pemerintah Desa Pasirnanjung menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang). Kegiatan dilaksanakan di Aula Desa Pasirnanjung, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danramil 1014/Cmg, Lettu Inf Nanang Koswara, bersama unsur Fokompincam. Musrenbang tersebut bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan Desa Pasirnanjung dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) Tahun 2025.

Kepala Desa Pasirnanjung Susi Herawati, dalam sambutannya menggarisbawahi peran serta masyarakat dalam proses penyusunan rencana kerja pemerintah desa.

Baca Juga:Bendungan Sadawarna Jadi Daya Tarik PemancingSemi KKN Siswa Kelas 12 MA Zakaria: Asah Keterampilan Sosial 

“Tanpa masukan dari masyarakat, sulit bagi kami untuk mengetahui kebutuhan nyata di lapangan. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari seluruh elemen desa sangat kami harapkan,” jelasnya.

Salah satu isu utama yang dibahas dalam Musrenbang kali ini adalah kebutuhan infrastruktur desa, termasuk perbaikan jalan dan pembangunan fasilitas umum yang lebih memadai.

“Kami berharap, dengan adanya Musrenbang ini, pembangunan desa dapat lebih fokus dan tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Selain infrastruktur, isu lain yang mendapat perhatian dalam perencanaan tahun 2025 adalah peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan di Desa Pasirnanjung. Program prioritas tersebut diselaraskan dengan visi dan misi desa untuk menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.

Sementara itu, Lettu Inf Nanang Koswara menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa.

“Musrenbang ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan kebutuhan yang dapat diakomodasi dalam rencana pembangunan. Kita perlu menyelaraskan visi misi desa dengan program-program yang menjadi prioritas,” ujar Nanang.

Musrenbang juga menjadi wadah untuk memperkenalkan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan desa. Tahapan tersebut melibatkan proses identifikasi kebutuhan masyarakat dan sinkronisasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD).

Baca Juga:Wayang Golek Ramaikan Milangkala Surian  Ke-174Sri Ayu Tetap Semangat Bersekolah, Meski Dalam Kondisi Fisik yang Lemah

Hal itu penting untuk memastikan program pembangunan yang dihasilkan sesuai dengan prioritas daerah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Musrenbang Desa Pasirnanjung tahun 2025 ini ditutup dengan penyampaian rencana kerja pemerintah desa yang akan disusun lebih detail dalam beberapa pekan ke depan. Hasil Musrenbang akan menjadi acuan bagi pemerintah desa dalam menyusun RKPDES tahun mendatang. (kos)

0 Komentar