Berbagai Menu MPASI untuk Bayi Usia Tujuh Bulan

Mpasi bayi 7 bulan
Berbagai Menu MPASI untuk Bayi Usia 7 Bulan.
0 Komentar

sumedangekspres – Ada banyak pilihan menu MPASI 7 bulan yang enak dan bernutrisi untuk bayi, seperti bubur sup daging kacang merah, bubur udang, dan bubur soto ayam santan. Berbagai menu ini juga mudah dibuat di rumah, lho, Bunda!

Menu MPASI untuk bayi usia 7 bulan tidak jauh berbeda dengan menu usia 6 bulan. Namun, karena Si Kecil sudah mulai belajar makan, tekstur makanan yang diberikan kini beralih dari bubur lumat menjadi bubur kental yang dihaluskan.

Tujuan dari perubahan ini adalah untuk melatih kemampuan Si Kecil dalam mengunyah dan menelan, terutama karena banyak bayi sudah mulai tumbuh gigi pada usia ini.

Berbagai Menu MPASI untuk Bayi Usia 7 Bulan

Baca Juga:Beberapa Jenis Leukosit dalam Darah Beserta FungsinyaPasangan ASIH Komitmen Beri Kemudahan Akses Pupuk bagi Petani di Jabar

Ada banyak pilihan menu MPASI 7 bulan yang enak dan bernutrisi untuk Si Kecil. Pastikan setiap menu mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Berikut adalah beberapa contoh menu yang bisa Bunda coba:

1. Bubur Soto Ayam Santan – Bahan: Santan, nasi, daging ayam cincang, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun jeruk, serai, daun salam, dan kuah kaldu ayam. – Nutrisi: Kaya protein dari daging ayam yang mendukung energi, daya tahan tubuh, dan pertumbuhan otot serta tulang.

2. Bubur Sup Daging Kacang Merah – Bahan: Daging sapi cincang, kacang merah, buncis, wortel, daun seledri, telur, bawang merah, bawang putih, dan nasi. – Nutrisi: Sumber protein dan zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

3. Bubur Udang – Bahan: Nasi, udang kupas cincang, bawang merah, bawang putih, wortel, daun seledri, dan daun bawang. – Nutrisi: Rasa gurih dan manis dari udang, namun perhatikan alergi dengan memberikan porsi kecil terlebih dahulu.

4. Bubur Telur Wortel – Bahan: Nasi, wortel, tahu, daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan telur. – Nutrisi: Telur sebagai sumber protein dan omega-3 yang mendukung perkembangan otak, serta wortel untuk vitamin A.

5. Bubur Nila Tomat – Bahan: Ikan nila, nasi, tomat, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan buncis. – Nutrisi: Kaya akan omega-3, protein, dan vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh.

0 Komentar