Mulyasari Tetapkan RKPDES 2025 

Mulyasari Tetapkan RKPDES 2025 
Pelaksanaan Musrenbangdes di Desa Mulyasari yang dibuka Plt Camat Sumedang Utara Drs. Maman Wasman, baru-baru ini (Ahmad Sofa/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres – Pemerintah Desa Mulyasari melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun 2025. Kegiatan dihadiri oleh masyarakat dan berbagai lembaga desa setempat.

Sekretaris Desa Mulyasari, Evan Mustafa, menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara tersebut.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita sudah melaksanakan Musrenbangdes untuk penetapan RKPDES tahun 2025,” ujarnya kepada Sumeks di kantor desa, baru-baru ini.

Baca Juga:Kisah Mistis di UGM, Menelusuri Legenda Hantu Mbak YayukPerkara Dispensasi Nikah di Sumedang Kembali Naik

Evan menjelaskan, Musrenbangdes tersebut merupakan bagian dari proses panjang dalam merencanakan anggaran tahun 2025. Tim penyusun RKPDES, yang terdiri dari sebelas orang dan diketuai oleh Evan, bekerja intensif untuk memastikan keselarasan rencana kerja desa dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

“RKPDES tidak boleh keluar dari apa yang sudah ditetapkan dalam RPJM Desa, yang merupakan gambaran visi dan misi kepala desa hingga 2026,” tambahnya.

Evan juga menjelaskan bahwa draf RKPDES yang sudah disusun akan diajukan ke Musyawarah Desa (Musdes) untuk pencermatan akhir. Total alokasi dana dari draf RKPDES mencapai lebih dari Rp 3 miliar.

Namun, tidak semua kegiatan dapat dibiayai, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) harus menyesuaikan dengan prioritas yang sudah disepakati serta alokasi dana dari pusat dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

RKPDES 2025 mencakup empat bidang utama yaitu, penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan infrastruktur, pembinaan lembaga desa, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, Evan juga menekankan pentingnya alokasi anggaran untuk penanggulangan bencana dan bantuan langsung tunai (BLT) pasca-Covid.

Evan berharap Musrenbangdes ini bisa menjadi wadah yang efektif bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi, sehingga rencana yang telah disusun dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

“Mudah-mudahan apa yang direncanakan bisa tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga:Viral, Buah Zakar Digigit Ular Ketika BAB di Toilet8 Bulan Hilang, Ditemukan Meninggal Terjepit Batu Ketika Solo Hiking

Dengan penetapan RKPDES 2025, Desa Mulyasari berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan visi misi kuwu sesuai dengan RPJM Desa. (ahm)

0 Komentar