Jerawat Punggung: Penyebab dan Faktor Pemicu

Jerawat Punggung: Penyebab dan Faktor Pemicu
Jerawat Punggung: Penyebab dan Faktor Pemicu.
0 Komentar

sumedangekspres – Jerawat punggung adalah masalah kulit yang sering disebabkan oleh perubahan hormonal dan kurangnya kebersihan. Beberapa faktor lain juga dapat memicu munculnya jerawat ini, meskipun tidak sejelas jerawat di wajah.

Meskipun sering dialami oleh pria, remaja, dan wanita saat menstruasi, jerawat punggung perlu diobati karena bisa menyebabkan nyeri dan bekas yang sulit hilang. Selain itu, jerawat ini juga dapat mengganggu kenyamanan saat bersandar atau mengenakan pakaian terbuka.

Jerawat Punggung: Penyebab dan Faktor Pemicu

Jerawat punggung disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat penumpukan minyak, sel-sel kulit mati, bakteri, dan keringat. Punggung memiliki banyak kelenjar minyak, sehingga rentan terhadap jerawat. Beberapa faktor pemicu meliputi:

Baca Juga:Peran Penting Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi dalam Menangani Penyakit GinjalKB Alami dan Berbagai Metodenya: Metode Perhitungan Kalender

– Aktivitas yang memicu keringat, seperti olahraga- Gesekan dari pakaian ketat atau tas- Rambut berminyak- Penggunaan sabun mandi berbahan keras- Cuaca panas- Stres- Perubahan hormonal (pubertas, kehamilan, menstruasi)- Konsumsi obat-obatan tertentu (steroid, pil KB)

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

1. Gunakan Sabun Mandi Lembut Pilih sabun dengan bahan lembut yang cocok untuk kulit sensitif. Hindari menggosok kulit terlalu keras saat mandi.

2. Pakai Obat Totol Jerawat Gunakan produk yang mengandung retinol, asam salisilat, atau asam azaleat untuk mempercepat penyembuhan.

3. Pakai Baju Longgar Pilih pakaian yang longgar dan berbahan katun untuk menghindari gesekan dan penumpukan keringat.

4. Segera Mandi Setelah Beraktivitas Mandi setelah berolahraga atau berkeringat penting untuk mengurangi bakteri di kulit.

5. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Gunakan sunscreen untuk melindungi punggung dari paparan langsung sinar matahari.

6. Jaga Kebersihan Handuk dan Sprei Cuci handuk, sprei, dan sarung bantal secara rutin untuk mengurangi bakteri.

Baca Juga:Tanda-tanda Hamil Tiga Hari Bisa Memang Menimbulkan Rasa PenasaranPerbedaan Sakit Pinggang Saat Haid dan Hamil Memang Bisa Membingungkan Karena Gejalanya yang Mirip

Mengatasi jerawat punggung memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi dengan perawatan yang tepat, hasil bisa terlihat dalam 6–8 minggu.(*)

0 Komentar