Jangan Takut Divaksin, Karena Vaksinasi Covid-19 Aman dan Halal

Jangan Takut Divaksin, Karena Vaksinasi Covid-19 Aman dan Halal
0 Komentar

oleh: dr.Reny Kurniawati Anton
**Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Sumedang

SUMEDANGEKSPRES.COM – Vaksinasi adalah upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif, dengan tindakan pemberian zat antigen dengan cara disengaja.

Tujuan dari vaksinasi adalah merangsang pembentukan zat anti penyakit atau antobodi sehingga tubuh diharapkan kebal terhadap penyakit tersebut atau hanya akan sakit ringan.

Baca Juga:Kedapatan Sekamar, 10 Pasang Anak Muda Digaruk Satpol PPHindari Kerumunan, Sejumlah Ruas Jalan Sumedang Ditutup

Saat ini dalam kondisi Pandemi Covid 19, tentu saja harus ada solusi yang cepat dan tepat dalam mengurangi angka kejadian dan kematian karena Covid dan bila memungkinkan menyelesaikan pandemi ini.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan memberikan vaksinasi Covid 19 bagi masyarakat.

Vaksinasi Covid 19 bertujuan : 1. Menurunkan kesakitan masyarakat.

2. Melindungi dan memperkuat system kesehatan secara menyeluruh.

3. Menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

Vaksinasi COVID 19 di Kabupaten Sumedang sudah dilaksanakan sejak akhir Januari 2021, dengan mengacu kepada aturan pusat, yaitu tahap satu untuk Tenaga Kesehatan (Nakes), tahap dua untuk Pelayan Publik dan lansia.

Total sasaran vaksinasi Kabupaten Sumedang adalah 184.556 sasaran, dengan Hasil vaksinasi ( per tgl 1 Juli 2021 ) adalah vaksinasi dosis 1 : 38,52 % (71.088 sasaran) dan vaksinasi dosis 2 :25,37% (46.830 sasaran ).

Saat ini sasaran sudah lebih terbuka untuk sasaran usia > 18 tahun ke atas dan beberapa hari lalu dibuka untuk sasaran 12 – 17 tahun.

Saat ini, Dinkes Sumedang sedang menyusun strategi bagaimana vaksinasi ini bisa dilaksanakan untuk mencapai target hasil dalam waktu yang sudah ditentukan.

Tentu saja pelaksanaan vaksinasi ini tidak akan berjalan sesuai rencana dalam pelaksanaannya, tanpa bantuan dari semua pihak, terutama masyarakat, sebagai sasaran vaksinasi.

Baca Juga:Kolaborasi Pendidikan Umum dan Agama, MAN 2 Sumedang Miliki Asrama Mewah untuk Pondok PesantrenLima ASN Pemda Sumedang Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid 19

Mohon masyarakat “Bersabar menunggu giliran, namun dapat mencari informasi ke puskesmas atau pun pelayanan-pelayanan vaksinasi lainnya, untuk tahu kapan bisa mendapatkan vaksinasi tersebut.

Mohon masyarakat menjadi maklum, karena SDM kesehatan saat ini juga tidak bisa maksimal, lantaran banyaknya pasien terpapar yang harus segera dilayani,
sehingga jumlah nakes berkurang untuk pelayanan.

Pesan untuk masyarakat : – JANGAN TAKUT UNTUK DIVAKSINASI, karena vaksin AMAN dan HALAL diberikan. Sebelum vaksinasi akan dilakukan dulu screening untuk penyakit – penyakit yang diderita sasaran.

0 Komentar