oleh

Pemkab Sumedang Mulai Salurkan Bansos

SUMEDANGEKSPRES.COM -Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mulai menyalurkan bantuan sosial (Bansos) berupa paket Sembako kepada 2.770 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh kecamatan, Senin (19/7).

“Bantuan itu dari Baznas dan diserahkan secara simbolis secara serentak oleh Forkopimda di 26 kecamatan. Masing-masing desa dan kelurahan mendapatkan 10 paket. Jadi semuanya berjumlah 2.770,” kata Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, di kantor IPP Sumedang.

Dalam waktu dekat, imbuh Sekda, juga turut disalurkan bantuan yang sama sebanyak 1.200 paket.

“Nanti pada hari Rabu dan Kamis (21 dan 22 Juli 2021) juga akan kita salurkan kepada 400 PKL, 200 abang becak, dan 600 kios pasar sandang. Jadi semuanya 1.200 paket,” tuturnya.

Dikatakan, bantuan tersebut baru dari satu sumber yakni dari Baznas Kabupaten Sumedang. Sementara bantuan yang lainnya segera menyusul, termasuk dari pemerintah pusat.

“Selain dari Baznas, bantuan lain yang akan disalurkan adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) yang rutin sebanyak 72.000 lebih KPM, Bantuan Sosial Tunai (BST) rutin sekitar 41.000 KPM, PKH sekitar 94.000 KPM, bantuan untuk non DTKS dari Pemerintah Kabupaten Sumedang sebanyak 8.000 lebih KPM, dan BLT Desa sebabyak 9.687 KPM,” ucapnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Tahun 2021 tidak lagi menyalurkan Bantuan Tunai dan Non Tunai sehingga sebanyak 80.000 lebih KPM harus diajukan kembali ke Kemensos RI untuk menerima bantuan.

“Anggaran di provinsi diutamakan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid 19 dan upaya pemulihan ekonomi masyarakat Jawa Barat jadi penerima Bansos dari Pemprov kita alihkan ke Kemensos,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama dinas instansi terkait sedang memadankan data tersebut sehingga dalam waktu dekat dapat segera disalurkan.

“Untuk Bansos Provinsi tahap 4 sudah selesai salur dan tuntas di bulan Desember 2020. Semoga BPNT dari Kemensos yang baru segera dapat disalurkan bersama-sama dengan yang sudah rutin,” ucapnya. (nur/rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *