oleh

255 Ribu Warga Sumedang Siap Terima Bansos

SUMEDANGEKSPRES.COM – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, sedikitnya ada 255 ribu Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Sumedang yang mendapatkan bantuan sosial pusat, provinsi, kabupaten, dan dana desa.

“Setidaknya dari 409 KK ada 65 persen yang terbantu, ini diharapkan bisa meringankan masyarakat kita yang terdampak akibat covid ini sehingga bisa tetap memenuhi kebutuhan dasarnya,” katanya, belum kama ini

Bupati meninta masyarakat untuk bersabar, karena menurutnya bantuan tidak seluruhnya turun. Tapi ada beberapa pintu bantuan yang diberikannya bertahap.

“Jadi ada yang mendapatkan PKH 42 ribu KK, BPMT rutin 72 ribu KK, BPMT yang baru sekitar 80 ribu KK, BST Kementerian 42 ribu KK, BLT Dana Desa 90 ribu KK, BLT Pemkab 8 ribu KK, dan bantuan-bantuan lainnya yang totalnya sekitar 255 ribu KK yang terbantu,” paparnya.

“Intinya saat ini kami mempercepat proses pendistribusian bantuan agar masyarakat terpenuhi kebutuhan dasarnya dikala ada pembatasan seperti ini, ” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Sumedang melalui APBD Kabupaten kembali menyalurkan bantuan sosial tunai sebesar 150 ribu rupiah ditambah beras lima kilogram.

Dana tersebut berasal dari APBD Kabupaten Sumedang melalui belanja tidak terduga.

“Saya berharap dengan didistribusikannya bantuan ini, tidak ada lagi masyarakat Sumedang yang kelaparan. Sehingga kami mendistibusikannya pada hari ini terutama kepada yang terkena dampak,” ucap Bupati.

Salwh seorang penerima bantuan di Kelurahan Regolwetan Ade (62) yang berprofesi sebagai penjual bubur ayam, pihaknya mengatakan merasa terbantu dengan adanya bantuan sisoal tunai tersebut.

“Saya merasa terbantu dengan adanya bantuan sosial ini. Selama masa PPKM saya berhenti berjualan karena memang kurangnya pembeli,” tuturnya.

Ia juga berharap bantuan tersebut bisa berkelanjutan selama masa pandemi covid 19.
“Bantuan ini sangat bermanfaat dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan,” pungkasnya. (nur/rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *