Trunamanggala Beri Modal Bumdes Truna Berkah

Trunamanggala Beri Modal Bumdes Truna Berkah
SERAHKAN MODAL: Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana (kiri) secara simbolis menyerahlan modal ke Direktur Bumdes Truna Berkah Revi Faozi Noor, kemarin.(AHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Pemerintahan Desa Trunamanggala Kecamatan Cimalaka menggelar kegiatan pelimpahan modal usaha kepada Bumdes Truna Berkah, Baru-baru ini.

Kegiatan pelimpahan modal ini diserahkan langsung Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana kepada Direktur Bumdes Truna Berkah Revi Faozi Noor. Kegiatan disaksikan langsung Ketua BPD Desa Trunamanggala Sayuti beserta anggota. Turut hadir juga Pendamping Desa dari Kecamatan Cimalaka.

Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana menyampaikan, kegiatan pelimpahan modal dilakukan untuk penyertaan modal Bumdes kepada pengurus Bumdes yang baru.

“Nominal uang dalam tahap awal ini sebesar Rp 50.000.000,” ujar Hendrik.

Baca Juga:Rapid Test Antigen Bentuk Layanan Pada MasyarakatAditya Assofa, Bocah Penderita Ensefalopaty Harapkan Bantuan

Hendrik menegaskan, pihaknya akan melakukan pemantauan untuk tahun ini. “Apabila ada kemajuan, Insya Allah untuk tahun berikutnya kita naikkan kembali nilai permodalan tersebut,” tegasnya.

Dikatakan, dalam permodalan tersebut sengaja secara bertahap dari angka kecil dulu. Bila ada perkembangan, Pemerintah Desa Trunamanggala siap untuk memfasilitasi. “Kami akan memberikan permodalan yang lebih besar lagi,” bebernya.

Hendrik mengimbau pengurus Bumdes dalam permodalan situasi sekarang lebih terfokus untuk ke program usaha dulu. Pasalnya, kalau digunakan untuk permodalan simpan pinjam atau perguliran uang situasi saat ini lebih rentan juga sensitif.

“Karena, dampak dari pandemi Covid-19 itu lebih berat. Makanya, kita arahkan sesuai dengan visi misi saya sebagai Kepala Desa di periode tahun 2020-2026,” jelasnya.

Ditegaskan, untuk program peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang perekonomian diambil dari bidang usaha. Diantaranya, usaha mikro yang mana di Desa Trunamanggala ini banyak pengusaha kecil dan home industri di bidang makanan dan kerajinan.

“Nanti untuk permodalannya bisa bekerjasama dengan Bumdes. Namun, selanjutnya kita juga merencanakan untuk usaha simpan pinjamnya. Disini Bumdes harus lebih selektif, lebih apik. Melihat dulu perkembangan situasi ke depannya seperti apa. Kalau kita sudah layak untuk memberikan simpan pinjam kepada masyarakat, Insya Allah kita juga akan menambah modal untuk hal tersebut,” tegasnya.

Terkait unsur penipuan yang mencatut photo profil dirinya, Hendrik menyampaikan agar masyarakat Desa Trunamanggala waspada. Dirinya tidak mengetahui siapa pelakunya.

Baca Juga:Penilaian Kinerja Perizinan sebagai Upaya Perbaikan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Perizinan di SumedangJaga Kelestarian, Pemuda Tanam Pohon di Puncak Manik

“Pelaku telah menjelekkan nama baik saya dengan mengatasnamakan dan menggunakan foto profil saya di no HP nya. Intinya mau menipu masyarakat Trunamanggala dengan meminta pulsa dan juga minta ditransfer uang via hp ke rekening pelaku penipuan tersebut,” jelasnya.

0 Komentar