Kemarau, Dua Hektar Lahan Terbakar

Kemarau, Dua Hektar Lahan Terbakar
Suasana kebakaran dilihat dari dusun cilayung desa margalaksana (Foto: KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Kota – Kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi pada Sabtu (18/9) malam. Kali ini melanda lagan kosong di Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Utara, berjarak kurang lebih dua kilometer dari pemukiman warga.

Hal tersebut dijelaskan anggota BPBD Sumedang yang turun untuk menanggulangi kejadian tersebut Eris.

Pihak BPBD Sumedang sendiri mendapatkan laporan sekitar pukul 21.00. Dan langsung menuju lokasi kebakaran untuk menanggulanginya.

Baca Juga:Pernah Putus Sekolah, Berprestasi di Tingkat NasionalKang DS: Sampah Berikan Rezeki Bagi Masyarakat

“Diperkirakan ada beberapa titik api. Perkebunan tersebut milik PT Subur Setiadi,” jelas Eris melalui pesan singkatnya.

Dalam kejadian tersebut, sekitar 2 hektar lahan terbakar yang terdiri dari ilalang. Beruntung tidak menimbulkan korban atau bahkan kerugian yang berarti.

“Tiga titik api masih menyala jauh dari permukiman warga. Untuk di Dusun Cilayung, titik api kurang lebih dua kilometer dari pemukiman warga,” jelasnya.

Upaya yang telah dilaksanakan BPBD Kabupaten Sumedang dan perangkat Desa Margalaksana meninjau dan berupaya memadamkan api. BPBD Sumedang juga stand by di perkebunan PT Subur Setiadi.

Sementara itu, Danru BPBD Sumedang Lukman mengatakan dari hasil assesment kebakaran hutan terjadi pukul 20.30. Bisa padam tiga jam kemudian.

“Sumber api belum diketahui awalnya, diperkirakan ada tiga titik api melahap perkebunan tersebut milik PT. Subur Setiadi,” jelas Lukman.

Dikatakan, Untungnya api yang masih menyala jauh dari permukiman warga, sementara lahan yang terbakar kurang lebih 2 Hektar. (kga/mg2)

0 Komentar